Kemendikbud Ristek Dikti Resmi Gelar Muhibah Budaya Jalur Rempah di Surabaya, Jawa Timur

- Rabu, 1 Juni 2022 | 20:19 WIB
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Ristek Dikti RI, Nadiem Makarim bersama Wakil Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksdya TNI Ahmadi Heri Purwono saat melepas tali KRI Dewa Ruci yang membawa 34 Laskar Rempah RI. (victory news.id/Kekson Salukh).
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Ristek Dikti RI, Nadiem Makarim bersama Wakil Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksdya TNI Ahmadi Heri Purwono saat melepas tali KRI Dewa Ruci yang membawa 34 Laskar Rempah RI. (victory news.id/Kekson Salukh).

SURABAYA, VICTORYNEWS- Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemendikbud Ristek Dikti) RI resmi menggelar kegiatan Muhibah Budaya Jalur Rempah (MBJR) RI.

Kegiatan MBJR yang diprakarsai Direktorat Jenderal (Dirjen) Kebudayaan dan melibatkan ratusan Laskar Rempah asal 34 Provinsi di seluruh Indonesia dilepas perdana dari Surabaya, Jawa Timur Rabu (1/6/2022) siang.

Kemendikbud Ristek Dikti RI bekerjasama TNI AL melakukan pelayaran laut dengan KRI Dewa Ruci yang melibatkan anak-anak muda berprestasi dari 34 provinsi seluruh Indonesia melintasi enam rute pelayaran.

Baca Juga: Masuk Rute Pelayaran, Pemprov NTT Diminta Sukseskan Program Muhibah Budaya Jalur Rempah

Rute perdana mengambil titik star dari Surabaya menuju Makassar. Selanjutnya Rute Makassar-Baubau dan Buton-Ternate. Kemudian diikuti rute Ternate- Banda Neira-Tidore-Kupang dan rute terakhir dari Kupang menuju Surabaya.

Sebanyak 35 Laskar Rempah dari 34 provinsi telah berangkat dari daerah masing-masing dan sudah tiba di Surabaya kemarin, Senin, (30/5/2022) siang. Mereka telah mengikuti kegiatan pembekalan selama dua hari di Surabaya terlebih dahulu.

Setelah itu mereka dilepas secara resmi oleh Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) melalui Wakil Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksdya TNI Ahmadi Heri Purwono, dan Mendikbud Ristek Dikti RI, Nadiem Makarim untuk mengikuti pelayaran bersama KRI Dewa Ruci, Rabu, (1/6/2022).

Baca Juga: Peserta Muhibah Budaya Jadi Corong Promosi Budaya NTT

Pelayaran untuk mengarungi Samudera Nusantara itu akan berlangsung selama satu bulan yang terhitung dari 1 Juni sampai awal Juli 2022 mendatang.

Wakil KSAL yang akrab disapa Heri Purwono dalam sambutannya mengatakan, kejayaan bangsa Indonesia pada masa lampau adalah kejayaan kemaritiman.

Halaman:

Editor: Polce Siga

Tags

Artikel Terkait

Terkini

PMK Rawan Tersebar Lewat 'Jalan Tikus' RI-RDTL

Senin, 15 Agustus 2022 | 16:16 WIB

Keluarga Brigadir J Puas Dengan Komitmen Polri

Minggu, 14 Agustus 2022 | 15:05 WIB
X