Mahasiswa Unwira Kupang Dapat Materi Hukum dari Mahkamah Konstitusi RI

- Kamis, 2 Juni 2022 | 17:02 WIB
Ketua Mahkamah Konstitusi RI Anwar Usman saat memberikan materi dalam kuliah umum di Universitas Katolik Widya Mandiri Kupang, Kamis (2/6/2022).  (victorynews.id/Umbu Maykal)
Ketua Mahkamah Konstitusi RI Anwar Usman saat memberikan materi dalam kuliah umum di Universitas Katolik Widya Mandiri Kupang, Kamis (2/6/2022). (victorynews.id/Umbu Maykal)

KUPANG, VICTORY NEWS - Ratusan mahasiswa tergabung dalam Fakultas Hukum dan Fisip Unwira Kupang mengikuti kuliah umum dari Mahkamah Konstitusi RI.

Pembicara dalam kuliah umum itu Ketua Mahkamah Konstitusi RI Anwar Usman tentang konsep negara hukum yang selalu diidentikkan dengan rechtsstaat atau the rule of law.

Padahal, konsep rechtsstaat atau the rule of law memiliki latar belakang dan tradisi hukum yang berbeda, serta pelembagaan yang berbeda pula.

"Meskipun dalam persepktif yang lain, keduanya juga memiliki persamaan, yaitu sama-sama mengakui prinsip perlindungan HAM melalui pelembagaan peradilan yang bebas dan tidak memihak," jelas Ketua Mahkamah Konstitusi RI Anwar, Kamis (2/6/2022).

Baca Juga: Ketua Mahkamah Konstitusi Beri Kuliah Umum di Unwira Kupang

Menurut Ketua Mahkamah, sebagaimana lazim diketahui, rechtsstaat dianut oleh banyak negara Eropa Kontinental yang menganut sistem civil law.

Sedangkan the rule of law, lebih banyak dianut oleh negara-negara dengan tradisi hukum Anglo Saxon yang berbasis pada sistem common law.

Dalam operasionalisasinya, kata Anwar, civil law lebih menitikberatkan pada administrasi dan sistem norma, sedangkan common law lebih kepada aktivitas judisial.

Baca Juga: Panen Sorgum di Sumba Timur, Presiden Jokowi : Kita Perlu Alternatif Bahan Pangan

Lebih lanjut, konsep rechtsstaat mengutamakan prinsip wetmatigheid (hukum tertulis) yang kemudian menjadi rechtmatigheid (tindakan berdasarkan hukum), sedangkan rule of law mengutamakan prinsip equality before the law yang memberi kebebasan kepada hakim untuk menciptakan hukum demi keadilan.

Halaman:

Editor: Polce Siga

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X