2 dari 10 Pahlawan Lansia SIAP Berasal dari NTT, Komit Dukung Vaksinasi

- Minggu, 5 Juni 2022 | 18:09 WIB
Tenaga kesehatan memberikan vaksinasi bagi Lansia di Kecamatan Kupang Tengah, Kabupaten Kupang, NTT, Kamis (2/6/2022).  (victoeynews.id/alfret otu)
Tenaga kesehatan memberikan vaksinasi bagi Lansia di Kecamatan Kupang Tengah, Kabupaten Kupang, NTT, Kamis (2/6/2022). (victoeynews.id/alfret otu)

KUPANG, VICTORY NEWS-10 orang Pahlawan Lansia SIAP (Semangat Dapat Vaksinasi Lengkap) mewakili 10 kabupaten/kota di Indonesia telah terpilih.

2 diantaranya berasal dari Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT). 2 lansia ini antara lain, Thimatius Benu dan Soleman Dethan.

Thimatius Benu, pensiunan PNS pernah menjabat Kepala Seksi Bidang Promosi Kesehatan di Dinas Kesehatan Kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS). Sedangkan Soleman Dethan asal Kabupaten Kupang kini penatua gereja yang pernah menjabat Ketua RT, ketua RW serta anggota DPRD.

Baca Juga: Program Praktisi Mengajar Dukung Transformasi Pendidikan di Indonesia

Pahlawan Lansia SIAP adalah program yang digagas oleh Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, serta didukung oleh United States Agency for International Development (USAID) melalui Breakthrough ACTION for COVID-19 (BA) program.

Program ini dalam rangka Hari Lanjut Usia Nasional dengan memilih lansia 60 tahun ke atas yang telah melakukan vaksinasi COVID-19 dengan dosis lengkap, dalam keadaan sehat, sekaligus merupakan tokoh panutan di masyarakat, sehingga siap membagikan cerita inspiratifnya seputar vaksinasi COVID-19 di daerah masing-masing.

Per Mei 2022, meskipun cakupan vaksinasi lansia mencapai 82,45 persen (sekitar 17,7 juta lansia) untuk dosis ke-1, namun vaksinasi dosis ke-2 baru mencapai 66,41 persen (sekitar 14,3 juta lansia).

“Lansia merupakan salah satu kelompok rentan yang masih perlu ditingkatkan cakupan vaksinnya, bahkan vaksinasi lansia di beberapa daerah masih cukup rendah,” ungkap dr. Imran Agus Nurali, Direktur Promosi Kesehatan dan Pemberdayaan Masyarakat, Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.

Baca Juga: Mendikbud ristek Sebut Perguruan Tinggi di Indonesia Harus Bertransformasi

Dalam keterangannya, Minggu (5/6/2022), disebutkan, Pahlawan Lansia SIAP menggunakan pendekatan dari lansia untuk lansia agar semakin banyak yang mau mendapatkan vaksinasi COVID-19 dosis lengkap.

Halaman:

Editor: Yance Jengamal

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X