Perintahkan Tidak Telantarkan Lahan, Presiden Jokowi Sebut Contoh di NTT

- Kamis, 9 Juni 2022 | 11:09 WIB
Presiden Joko Widodo memberikan sambutan pada acara syukuran hasil bumi Gerakan Masyarakat (Gema) Perhutanan Sosial yang digelar di Lapangan Omah Tani, Kabupaten Batang, Jawa Tengah Rabu (8/6/2022). (presidenri.go.id)
Presiden Joko Widodo memberikan sambutan pada acara syukuran hasil bumi Gerakan Masyarakat (Gema) Perhutanan Sosial yang digelar di Lapangan Omah Tani, Kabupaten Batang, Jawa Tengah Rabu (8/6/2022). (presidenri.go.id)

SEMARANG, VICTORYNEWS - Presiden Joko Widodo (Jokowi) memerintahkan agar pemerintah daerah, masyarakat, dan petani tidak menelantarkan lahan di daerahnya masing-masing.

Menurut Presiden Joko Widodo, pemerintah, masyarakat, dan petani harus memanfaatkan lahan untuk menanam tanaman pangan.

Presiden Joko Widodo bahkan menyebut contoh di NTT yang dalam kunjungannya menyaksikan langsung bagaimana pemanfaatan lahan yang dikerahkan untuk menanam jagng dan sorgum.

Baca Juga: BPBD NTT dan Mitra Gelar Rakor, Ambros Kodo: Antisipasi Kekeringan 2022 Harus Dimulai Dari Sekarang

Presiden Jokowi mengajak para petani dan masyarakat untuk mengambil peluang dan memanfaatkan lahan yang mereka kelola dengan menanam tanaman pangan pokok seperti padi, jagung, porang, hingga sorgum.

Hal tersebut diutarakan Presiden Jokowi saat menghadiri acara syukuran hasil bumi Gerakan Masyarakat (Gema) Perhutanan Sosial yang digelar di Lapangan Omah Tani, Kabupaten Batang, Provinsi Jawa Tengah, Rabu (8/6/2022).

“Jangan sampai kita biarkan ada lahan yang telantar, ada lahan yang tidak produktif, benar? Ada lahan yang tidak digunakan apa-apa dibiarkan, nggak boleh. Semuanya harus produktif. Nanti itu urusannya Bu Menteri Kehutanan. Ada lahan misalnya HGU sudah lebih dari 10 tahun, lebih dari 20 tahun tidak diapa-apain, itu nanti urusannya Bu Menteri LHK plus Pak Menteri BPN,” ujar Jokowi dilansir victorynews.id dari laman presidenri.go.id.

Baca Juga: Bupati Manggarai Minta Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Tetap Semangat Dalam Berliterasi

Menurut Presiden Jokowi, lahan perhutanan sosial memiliki peranan penting dalam rangka membuka usaha bagi para petani dan rakyat. Untuk itu, Presiden meminta kepada jajarannya, dalam hal ini Menteri BUMN dan Gubernur Jawa Tengah, untuk memberikan pendampingan baik terkait manajemen maupun sarana dan prasarana.

Halaman:

Editor: Paschal Seran

Sumber: presidenri.go.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

PMK Rawan Tersebar Lewat 'Jalan Tikus' RI-RDTL

Senin, 15 Agustus 2022 | 16:16 WIB

Keluarga Brigadir J Puas Dengan Komitmen Polri

Minggu, 14 Agustus 2022 | 15:05 WIB
X