Idhul Adha di Tengah Mewabahnya PMK, Menag Keluarkan SE Panduan Pelaksanaan Kurban 1443 Hijriah

- Senin, 27 Juni 2022 | 15:47 WIB
SE Menag tentang perayaan Idul Adha dan Perayaan Kurban 1443 Hijriah. (setkab.go.id)
SE Menag tentang perayaan Idul Adha dan Perayaan Kurban 1443 Hijriah. (setkab.go.id)

JAKARTA, VICTORYNEWS - Perayaan Idhul Adha dan pelaksanaan Kurban Tahun 1443 Hijriah teganggu dengan mewabahnya penyakit mulut dan kuku (PMK).

Pasalnya, PMK ini sudah menyebar hingga ke daerah-daerah pemasok hewan kurban bagi Umat Muslim yang merayakan Idul Adha.

Untuk memberikan kenyaman kepada Umat Muslim yang merayakan Iddul Adha, Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas menerbitkan panduan berupa Surat Edaran (SE) Nomor SE.10 Tahun 2022.

Baca Juga: Akhir Agustus, DKP NTT Panen Kerapu di Pulau Semau

SE itu mengatur tentang Panduan Penyelenggaraan Salat Hari Raya Iduladha dan Pelaksanaan Kurban Tahun 1443 Hijriah/2022 Masehi.

SE itu sudah diteken Menag pada 24 Juni 2022 lalu. “Ini panduan bagi masyarakat dalam menyelenggarakan salat Hari Raya Iduladha dengan memperhatikan protokol kesehatan dan melaksanakan ibadah kurban dengan memperhatikan kesehatan hewan kurban sebagai upaya menjaga kesehatan masyarakat,” ujar Menag, dikutip victorynews.id dari setkab.go.id, Senin (27/06/2022).

SE itu, kata Menag, antara lain mengatur tentang pelaksanaan protokol kesehatan saat salat Hari Raya Iduladha dan pelaksanaan kurban, takbiran, khotbah Iduladha, ketentuan syariat berkurban, hingga teknis penyembelihan, pengulitan, pencacahan, pengemasan, dan pendistribusian daging kurban.

Baca Juga: Tarian Bonet Iringi Pelepasan Laskar Rempah RI dari Kota Kupang

“Bagi umat Islam, menyembelih hewan kurban pada Hari Raya Iduladha hukumnya sunnah muakkadah. Namun demikian, umat Islam diimbau untuk tidak memaksakan diri berkurban pada masa wabah PMK,” kata Yaqut.

Halaman:

Editor: Paschal Seran

Sumber: setkab.go.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Umat Muslim Simak Jadwal Puasa Ayyamul Bidh

Kamis, 11 Agustus 2022 | 15:38 WIB

Keluarga Brigadir J Minta Putri Chandrawati Jujur

Rabu, 10 Agustus 2022 | 18:17 WIB
X