Tjahjo Kumolo Sang Maestro Politik Dalam Kenangan Sahabat

- Jumat, 1 Juli 2022 | 14:44 WIB
Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Tjahjo Kumolo dikenal sebagai seorang maestro politik oleh para sahabatnya
Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Tjahjo Kumolo dikenal sebagai seorang maestro politik oleh para sahabatnya


JAKARTA, VICTORYNEWS- Nama Tjahjo Kumolo dalam blantika politik di Tanah Air cukup mentereng. Ia tidak hanya disegani oleh kawan tetapi juga lawan politik.

Kepiawaian Tjahjo dalam berpolitik kerap membuat kawan dan lawan politiknya takjup.

Tak heran kalau julukan maestro politik pun disematkan untuk pria yang lahir di Surakarta, Jawa Tengah ini.

Salah satu kepiawaian Tjahjo Kumolo dalam percaturan politik nasional adalah membantu mengantarkan Joko Widodo (Jokowi) dan Jusuf Kalla memenangi Pemilihan Presiden (Pilpres) 2014.

Baca Juga: Terkait Kondisi Pasar Ketang, Begini Penjelasan Kadis Perindagkop Manggarai Timur

Berkat kepiawaiannya itu, Jokowi memilih Tjahjo Kumolo untuk menjabat sebagai Menteri Dalam Negeri pada Kabinet Indonesia Kerja periode 2014-2019.

Dengan kematangannya berpolitik, Tjahjo Kumolo banyak membantu Presiden Jokowi di awal masa kepemimpinannya membangun komunikasi politik dengan partai-partai pendukung maupun partai-partai yang berada di luar pemerintah.

Nama Tjahja Kumolo mulai dikenal saat dirinya terlibat langsung dalam dunia politik dengan menjadi anggota DPR RI dari Golkar untuk masa bakti 1987-1992 dan 1192-1997.

Baca Juga: Unik, Pengumuman Keberangkatan di Bandara Juanda Surabaya Pakai Bahasa Jawa

Halaman:

Editor: Paulus N

Sumber: Berbagai Sumber

Tags

Artikel Terkait

Terkini

LPSK Tolak Permohonan Perlindungan Istri Ferdi Sambo

Selasa, 16 Agustus 2022 | 22:17 WIB
X