Peringati HAN 2022, BPIP Gelar Wahana Permainan Tradisonal

- Senin, 25 Juli 2022 | 18:49 WIB
Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) menggelar wahana permainan anak saat peringatan Hari Anak Nasional (HAN) 2022 yang digelar Kementerian PPPA.
Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) menggelar wahana permainan anak saat peringatan Hari Anak Nasional (HAN) 2022 yang digelar Kementerian PPPA.

BOGOR,VICTORYNEWS- Saat memperingati Hari Anak Nasional (HAN) 2022 yang diselenggarakan oleh Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindingan Anak (PPPA), Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) bersama Komite Permainan Rakyat dan Olahraga Tradisional Indonesia (KPOTI) menggelar wahana permainan tradisional untuk anak-anak Indonesia.

Pada acara HAN 2022 tersebut ditampilkan permainan tradisional mulai dari Panca Main Indonesia yang terdiri dari panca gasing, bola lima, papancakan, balap jajar dan catur teuku umar, sonda/tapak gunung kepulau Indonesia, permainan sejenis ular tanggga raksasa, dan beragam permainan tradisional lainnya dalam berbagai bentuk.

Pada peringatan HAN 2022 tersebut juga ditampilkan maskot karakter etus dan elsi yang merupakan representasi anak garuda berwarna putih dan menggemaskan, pada permainan sonda pulau Indonesia diperkenalkan juga tarian dan lagu daerah yang ditampilkan oleh para Purna Paskibraka Duta Pancasila yang masih berusia anak.

Baca Juga: Presiden Jokowi Lakukan Rangkaian Kunjungan Luar Negeri di Kawasan Asia Timur

Melengkapai permainan Pancamain kepada peserta dibagikan juga Komik si Panca dan Mang Ja’i. Beberapa wahana permainan tradisional disiapkan beragam aneka souvenir dan medali permainan, bagi anak yang dapat meyelesaikan permainan dengan baik atau menjadi pemenang dalam permainan tradisional akan mendapatkan medali permainan dan souvenir.

Peyelenggaraan kegiatan berlangsung dengan meriah, hadir dari BPIP Wakil Kepala BPIP Karjono, Deputi Pengendalian dan Evaluasi Ibu Rima Agristina.

Pada kegiatan tersebut Deputi Pengendalian dan Evaluasi Rima Agristina meyampaikan bahwa permainan tradisional yang diangkat oleh BPIP bersama KPOTI merupakan sarana pembelajaran Pancasila

Baca Juga: 5 Alasan Surya Paloh Dapat Gelar Doktor Honoris Causa, Nomor 2 Soal Perlawanan

“kita semua perlu memperkenalkan permainan tradisional sejak dini kepada anak-anak untuk menginternalisasikan nilai-nilai Pancasila dengan cara yang meyenangkan dan sesuai dunia anak-anak, ujar Rima.

Halaman:

Editor: Paulus N

Tags

Artikel Terkait

Terkini

HEBAT! Dua Bocah SD Berhasil Gagalkan Aksi Jambret HP

Kamis, 2 Februari 2023 | 16:15 WIB
X