Borobudur Terapkan Transisi Energi, Ada Wacana Wisata Metaverse

- Kamis, 4 Agustus 2022 | 11:32 WIB
Tangkapan layar, Usman Kansong, Direktur Komunikasi Publik, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo).  (Youtube kompastv)
Tangkapan layar, Usman Kansong, Direktur Komunikasi Publik, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo). (Youtube kompastv)

KUPANG, VICTORYNEWS-Borobudur tengah diubah sepenuhnya dengan menerapkan transisi energi. Selain itu ada wacana berwisata dengan sistem metaverse.


Penerapan transisi energi dan wacana wisata metaverse dilakukan agar setelah pandemi Covid-19 Candi Borobudur lebih baik lagi saat dikunjungi.

Dimana areal Candi Borobudur disatukan dengan alam, parkir dijauhkan dari candi dan disediakan bus dengan bahan bakar listrik, juga ada museum yang juga berupa virtual atau wisata dilakukan via metaverse.


Usman Kansong, Direktur Komunikasi Publik Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) mengungkapkan ini dalam siaran YouTube KOMPASTV, Kamis (4/8/2022).

Baca Juga: Kemenparekraf Sasar Desa Wisata Sekitar Borobudur, Ada Sertifikasi Khusus

"Supaya lingkungan terjaga," kata dia.

Alternatif wisata metaverse ini agar pengunjung dibatasi untuk menaiki candi dan juga memberi sensasi lain dalam menikmati Borobudur. Metaverse ini, tegasnya, masih dalam wacana.

"Semakin banyak orang yang naik maka kelestariannya tidak bisa kita pertahankan lebih lama karena misalnya ada penipisan landasan atau batu candi," kata dia lagi.

Pemerintah sedang menciptakan wajah baru Borobudur, lanjut Usman, dan dalam agenda G20 pun Borobudur dibahas juga kualitas wisata, transformasi ekonomi digital, juga transisi energi seperti menggunakan bus berbasis listrik.

Baca Juga: Penjabat Bupati Lembata Apresiasi Bank NTT, Ikut Dampingi Tim Juri Festival Desa Binaan di Lembata

Halaman:

Editor: Yance Jengamal

Tags

Artikel Terkait

Terkini

PMK Rawan Tersebar Lewat 'Jalan Tikus' RI-RDTL

Senin, 15 Agustus 2022 | 16:16 WIB

Keluarga Brigadir J Puas Dengan Komitmen Polri

Minggu, 14 Agustus 2022 | 15:05 WIB
X