Cegah PMK, PLBN Motaain Periksa Barang Bawaan Pelintas Batas Setiap Hari

- Senin, 15 Agustus 2022 | 09:06 WIB
Petugas melakukan pemeriksaan pelintas batas di PBLM Motaain, Kabupaten Belu, NTT untuk mencegah PMK. (victorynews.id/Putra Bali Mula)
Petugas melakukan pemeriksaan pelintas batas di PBLM Motaain, Kabupaten Belu, NTT untuk mencegah PMK. (victorynews.id/Putra Bali Mula)

ATAMBUA, VICTORYNEWS - Pelaksanaan pencegahan virus Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) dilakukan setiap harinya oleh Balai Karantina Pertanian (BKP) Kupang di Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Motaain.

Pemeriksaan sehari-hari dilakukan terhadap barang bawaan pelintas seperti oleh-oleh yang adalah produk asal daging yang dibawa dari Timor Leste.

"Setiap hari kita lakukan pemeriksaan di PLBN Motaain ini karena ada barang bawaan yang bisa menjadi media pembawa virus PMK," jawab Nina Liban selaku Penanggungjawab Karantina Pertanian PLBN Motaain, Minggu (14/8/2022).

Baca Juga: Bangga Berperan di Swasembada Beras, Begini kata Petani asal Bali

Ia menyebut pemeriksaan ini juga dilakukan terhadap barang jumlah besar untuk ekspor dan impor dalam rangka siaga penyebaran PMK.

"Pemeriksaan ini difokuskan pada barang yang menjadi media pembawa virus PMK. Daging olahan biasanya yang lewat di PLBN Motaain ini setiap hari ini seperti daging olahan babi, sapi, ayam kemudian susu, keju, sosis dan produk olahan lainnya," jelasnya.

Ia juga menjelaskan biasanya dari Timor Leste daging bawaan pelintas paling banyak ditemukan adalah produk asal dari Brazil.

"Kebanyakan sosis babi, sosis ayam, juga daging babi yang digoreng," jawab dia.

Baca Juga: Juara Umum, Tim X-73 HM Motor 2000 Harap Wali Kota Dirgantara Kupang Seri 2 Digelar Tahun Ini

Halaman:

Editor: Beverly Rambu

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Densus 88 Tembak Mati Pak Guru di Poso Sulawesi Tengah

Jumat, 30 September 2022 | 12:39 WIB
X