Usman Hamid : Hukum Pidana Berlaku Bagi Polisi 'Kaki Tangan' Ferdy Sambo

- Kamis, 18 Agustus 2022 | 14:57 WIB
Dewan Pakar Peradi Usman Hamid menyebut oknum kepolisian dalam pusaran kasus Ferdy Sambo harus diproses secara pidana (Kompas TV)
Dewan Pakar Peradi Usman Hamid menyebut oknum kepolisian dalam pusaran kasus Ferdy Sambo harus diproses secara pidana (Kompas TV)

JAKARTA, VICTORYNEWS-Dewan Pakar Peradi Usman Hamid menyebut oknum kepolisian dalam pusaran kasus Ferdy Sambo harus diproses secara pidana jika terindikasi obstruction of justice.

Topik berjudul Usman Hamid soal Pelanggaran Anggota di Kasus Sambo: Harus Ditahan Secara Pidana ini ditayangkan KompasTV, Rabu (17/8/2022).

Menurutnya, pemeriksaan internal kode etik profesi atau penempatan khusus tidak cukup tetapi bisa ditindak tegas secara pidana.

Baca Juga: KPK Segera Verifikasi Laporan Dugaan Suap Ferdy Sambo ke LPSK Dalam Kasus Brigadir J

"Tidak cukup ditempatkan secara khusus. Mereka harus ditahan secara pidana. Saya kira kepolisian ditunggu oleh masyarakat apakah berani ambil tindakan hukum pidana," ucapnya.

Ia juga menyampaikan bahwa Para anggota yang terlibat tak cukup ditempatkan secara khusus, kata dia, tetapi perlu ditahan secara pidana. Masyarakat menanti ketegasan kepolisian dalam kasus internal ini.

"Memang apa yang mereka lakukan melanggar kode etik ptofesi, tetapi bukan hanya itu, melainkan juga pelanggaran hukum pidana," lanjutnya.

Baca Juga: Timnas U-16 Jadi Tamu Istimewa Pada Perayaan HUT Kemerdekaan RI ke 77 di Istana Negara

Ancaman hukuman pidananya di sini bisa 4 tahun masa kurungan penjara bahkan bisa lebih dari 5 tahun karena menghilangkan bukti misalnya.***

Halaman:

Editor: Beverly Rambu

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Putri Candrawathi Resmi Ditahan di Rutan Mabes Polri

Jumat, 30 September 2022 | 20:35 WIB
X