PTDH Untuk Ferdy Sambo Berjalan, Polri Lakukan Langkah Ini Jika Telah Selesai

- Kamis, 22 September 2022 | 16:16 WIB
Kadiv Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo (@divisihumaspolri)
Kadiv Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo (@divisihumaspolri)

JAKARTA, VICTORYNEWS - Setelah melewati berbagai proses, Mantan Kadiv Propam Polri Irjen Pol Ferdy Sambo telah menjalani sidang kode etik setelah melewati berbagai proses penyidikan.

Sidang Kode Etik Profesi Polri (KEPP) oleh Komisi Kode Etik Polri (KKEP) telah berlangsung di Mabes Polri pada Kamis (25/8/2022) lalu.

Usai menjalani sidang kode etik, Komisi Kode Etik Polri menjatuhkan sanksi pemberhentian tidak dengan hormat (PTDH) atau pemecatan terhadap Irjen Pol. Ferdy Sambo karena melakukan pelanggaran berat Kode Etik Profesi Polri, yakni tindak pidana pembunuhan berencana Brigadir J.

Baca Juga: Kelanjutan Nasib Ferdy Sambo, Polri Tegaskan Bakal Lakukan Hal Ini

Dilansir dari pmjnews.com dengan judul, Sambo Siap Diserahkan ke Setneg, diketahui bahwa dokuken PTDH di proses oleh divisi Sumber Daya Manusia (SDM) Polri.

Kadiv Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo mengatakan bila dokumen telah selesai di proses maka akan segera diberikan kepada Sekretariat Negara untuk diperoleh Keppresnya.

"Habis dari SDM nanti ditujukan ke Setneg. Setneg langsung dapat Keppresnya dan Keppresnya kita serahkan ke pelanggarnya," tandasnya.

Baca Juga: Dua Calon Wakil Bupati Manggarai Timur Paparkan Visi dan Misi, Siapa Unggul?

Adapun mekanisme itu memang sudah diatur melalui Keppres Nomor 70 Tahun 2002 Tentang Organisasi dan Tata Kerja Kepolisian Negara Republik Indonesia.

Dalam Pasal 29 poin satu Keppres tersebut dijelaskan apabila pengangkatan dan pemberhentian pejabat pada jabatan dan kepangkatan Perwira Tinggi Bintang Dua ke atas atau yang termasuk dalam lingkup jabatan eselon IA dan IB ditetapkan dengan Keputusan Kapolri setelah dikonsultasikan dengan Presiden. ***

Halaman:

Editor: Polce Siga

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X