Pengacara Minta Presiden Jokowi Izinkan Gubernur Papua Lukas Enembe Berobat ke Luar Negeri

- Jumat, 23 September 2022 | 21:12 WIB
Gubernur Papua Lukas Enembe belum penuhi panggilan KPK karena jatuh sakit dan ingin berobat ke luar negeri.
Gubernur Papua Lukas Enembe belum penuhi panggilan KPK karena jatuh sakit dan ingin berobat ke luar negeri.

PAPUA, VICTORYNEWS - Pengacara Gubernur Papua Lukas Enembe, Roy Rening meminta Presiden Jokowi mengizinkan kliennya untuk berobat  ke luar negeri.

Roy Rening diketahui berbeda pendapat dengan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) atas penetapan tersangka kliennya Gubernur Papua Lukas Enembe yang kini jatuh sakit. 

Gubernur Papua diketahui ingin berobat di Singapura karena sakit. Pekan lalu, ia sudah ditetapkan sebagai tersangka oleh KPK berujung reaksi dari warga Papua.

Baca Juga: KPK Bantah Pernyataan Gubernur Papua Lukas Enembe Soal Dikriminalisasi

Seperti dilansir victorynews.id dari tayangan Youtube Kompas TV Roy menjelaskan pihaknya berbeda pendapat dengan KPK baik yang sifatnya prosedural maupun substantif dalam kaitan Lukas Enembe sebagai tersangka.

Dia mengatakan, terkait dengan kondisi kesehatan Gubernur Papua, ia meminta agar presiden Joko Widodo memberikan izin supaya Lukas Enembe berobat ke luar negeri.

"Supaya menyelamatkan nyawa dan diri gubernur Enembe. Selaku tim hukum memandang bahwa kalau langkah tersebut tidak diambil oleh negara akan membuat suasana di tanah Papua tidak harmonis," katanya. 

Baca Juga: Kasus yang Menjerat Gubernur Papua Lukas Enembe bukan Rekayasa Politik

Karena itu, kata Roy dengan segala hormat kepada Presiden Joko Widodo dan atas nama masyarakat Papua meminta supaya Enembe diberikan kesempatan supaya yang bersangkutan jauh dari tekanan sebagai tersangka kasus korupsi. 

Supaya Lukas Enembe segera berobat, jika tidak diberikan maka sebagai tim hukum merasa situasi eskalasi bisa makin memburuk. Ia percaya presiden Joko Widodo punya hati yang baik dan bisa mengambil keputusan terbaik untuk Lukas Enembe. 

Halaman:

Editor: Polce Siga

Tags

Artikel Terkait

Terkini

GEGER! Bom Bunuh Diri Polsek Astana Anyar Bandung?

Rabu, 7 Desember 2022 | 09:59 WIB

RESMI! RUU KUHP Disahkan Menjadi Undang-undang

Selasa, 6 Desember 2022 | 23:27 WIB
X