Anggota Sudrajad Dimyati Terjerat Kasus Suap dan Ditahan KPK, Ketua MA Diminta Mengundurkan Diri

- Sabtu, 24 September 2022 | 16:11 WIB
Juru bicara Mahkamah Agung, Andi Samsan Nganro menyatakan MA prihatin dan menyerahkan proses hukum terhadap Sudrajad Dimyati kepada kewenangan KPK.  (@humasmahkamahagung)
Juru bicara Mahkamah Agung, Andi Samsan Nganro menyatakan MA prihatin dan menyerahkan proses hukum terhadap Sudrajad Dimyati kepada kewenangan KPK. (@humasmahkamahagung)

JAKARTA, VICTORYNEWS - Hakim Agung Sudradjat Dimyati yang terjerat skandal suap karena  menerima uang senilai 205 ribu dolar Singapura atau Rp 2,5 miliar dan uang dalam bentuk rupiah senilai Rp 50 juta dalam penanganan perkara suap di Mahkamah Agung (MA). 

Dilansir victorynews.id lewat unggahan chanel Youtube Kompas TV pada Sabtu (24/9/2022) dengan judul "Buntut Kasus Suap MA, Sudrajad Dimyati Diduga Terima Suap Sebesar Rp 800 juta. 

Uang suap yang menjerat Hakim Agung Sudradjat Dimyati akhirnya disita KPK. Dugaan uang yang suap yang menjerat berasal dari hakim yustisial atau panitra pengganti MA berinisial ETP dan ASN di Kepanitraan MA.

Baca Juga: KPK Tetapkan 10 Orang Tersangka Kasus Suap Pengurusan Perkara di MA

Uang tersebut bersumber dari pengacara yang ingin menguatkan putusan kasasi atas kasus pailit sebuah koperasi simpan pinjam. 

Terkait penahanan salah satu hakim agung, Mahkamah Agung menyatakan akan koperatif dan mengikuti proses hukum yang berlaku sesuai kewenangan KPK.

Juru bicara Mahkamah Agung, Andi Samsan Ngandro menyatakan rasa prihatin atas kejadian yang menjerat Sudrajad. Namun, penetapan tersangka terhadap Sudrajad Dimyati bagi Mahkamah Agung bersikap koperatif.

Baca Juga: MA Tolak Kasasi JPU Kejati NTT, Terdakwa Kasus Tanah Labuan Bajo Bernapas Lega

Untuk itu, MA menyerahkan pada mekanisme proses hukum yang menjadi kewenangan KPK. 

Peneliti PUKAT UGM, Zaenur Rohman mengatakan harus ada pihak yang bertanggungjawab atas kasus suap yang menjerat Sudrajad Dimyati.

Halaman:

Editor: Polce Siga

Tags

Artikel Terkait

Terkini

GEGER! Bom Bunuh Diri Polsek Astana Anyar Bandung?

Rabu, 7 Desember 2022 | 09:59 WIB

RESMI! RUU KUHP Disahkan Menjadi Undang-undang

Selasa, 6 Desember 2022 | 23:27 WIB
X