6.400 Rumah Dapat Nikmati Air Bersih dari SPAM Raknamo, NTT

- Jumat, 30 September 2022 | 22:23 WIB
Menteri PUPR Basuki Hadimuljono (kanan) mendengar penjelasan Kepala Seksi OP BWS NT - II tentang progres pembangunan SPAM Raknamo di Bendungan Raknamo.  (victorynews.id/Putra Bali Mula)
Menteri PUPR Basuki Hadimuljono (kanan) mendengar penjelasan Kepala Seksi OP BWS NT - II tentang progres pembangunan SPAM Raknamo di Bendungan Raknamo. (victorynews.id/Putra Bali Mula)

OELAMASI, VICTORYNEWS - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) memproyeksikan terpasangnya 6.400 sambungan rumah (SR) dari Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Raknamo, Kabupaten Kupang NTT.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono menyampaikan ini saat diwawancarai di lokasi pembangunan SPAM Raknamo yang progresnya telah 63 persen dan dapat dimanfaatkan pada April 2023.

"Targetnya 6.400 rumah tangga untuk SR," sebutnya, Jumat (30/9/2022).

Baca Juga: Hujan Guyur Kota Kupang, Lapak dan Toko di Ruas Jalan HR Koroh Dipadati Warga

SPAM Raknamo ini dibangun dengan anggaran Rp 87,27 miliar dengan kapasitas 40 x 2 liter per detik agar dimanfaatkan dalam pelayanan air minum di Kabupaten Kupang dan menambah pelayanan air minum di Desa Raknamo, Manusak, Oelamasi, Desno, Kairane, Fatukanutu, Oefeto dan Kuanheum.

"63 persen saat ini pengerjaannya dan akan dimanfaatkan pada April 2023 oleh masyarakat Kabupaten Kupang," tegasnya.

Ia menjelaskan, Bendungan Raknamo nantinya sebagai penyedia air baku lalu akan diolah di SPAM ini, setelahnya dibawa ke resevoar untuk dialirkan kepada 6400 SR.

Baca Juga: Putri Candrawathi Resmi Ditahan di Rutan Mabes Polri

"Bila satu rumah 5 orang berarti 32.000 jiwa dapat memanfaatkan air bersih," tambah Basuki lagi.

Halaman:

Editor: Paschal Seran

Tags

Artikel Terkait

Terkini

GEGER! Bom Bunuh Diri Polsek Astana Anyar Bandung?

Rabu, 7 Desember 2022 | 09:59 WIB
X