Menteri PUPR Temui Penjabat Wali Kota Kupang, Hal Ini yang Dibahas

- Jumat, 30 September 2022 | 23:11 WIB
Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono (kiri) saat meninjau SPAM Kali Dendeng, Jumat (30/9/2022) malam.  (victorynews.id/Putra Bali Mula)
Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono (kiri) saat meninjau SPAM Kali Dendeng, Jumat (30/9/2022) malam. (victorynews.id/Putra Bali Mula)

KUPANG, VICTORYNEWS - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono membahas tindak lanjut sambungan rumah (SR) dari Sistem Penyedia Air Minum atau SPAM Kali Dendeng.

Menteri PUPR menyebut Pemerintah Kota Kupang perlu menindaklanjuti penyediaan jaringan untuk SR agar proyek SPAM Kali Dendeng dapat dimanfaatkan masyarakat dan tidak mubazir.

"Ini harus dicek lagi tapi dengan 150 liter per detik dari SPAM Kali Dendeng yang telah dibangun ini dapat dimanfaatkan untuk melayani 12 ribu sambungan rumah atau SR," kata dia.

Baca Juga: Lahan Bermasalah, Menteri PUPR Perpanjang Waktu Pembangunan Dua Bendungan di NTT

Ia menyebut PDAM baru memiliki 1.600 SR dan pihaknya telah membantu 1000 SR. Ia berencana membicarakan ini dengan Penjabat Wali Kota Kupang maupun dengan Gubernur NTT.

"Padahal, tugas kami hanya IPA (Instalasi Pengolahan Air), pipa induk, juga distribusi. Sedangkan SR harusnya ke PDAM karena akan mengelola dan mendapatkan revenue dari pemanfaat atau pengguna air," tambah Basuki.

Dengan begitu apabila optimal nantinya, maka hasil dari 2.600 SR diharapkan dikembangkan menjadi 12.000 SR sehingga pihaknya dapat mengadakan satu SPAM lagi.

Baca Juga: Masalah Lahan, Bendungan Manikin di NTT Baru Bisa Selesai 2024

"Kalau 12 ribu sudah tercapai, maka akan kita bangunkan (SPAM) satu lagi Saya akan bertemu dan bicara dengan Wali Kota-nya," ucapnya.

Halaman:

Editor: Paschal Seran

Tags

Artikel Terkait

Terkini

GEGER! Bom Bunuh Diri Polsek Astana Anyar Bandung?

Rabu, 7 Desember 2022 | 09:59 WIB
X