BPIP Dorong Generasi Muda Papua Aktualisasikan Pancasila lewat Media Baru

- Sabtu, 19 November 2022 | 12:41 WIB
Tim BPIP berpose bersama para Petinggi Uncen dan mahasiswa peserta seminar. (dok. BPIP)
Tim BPIP berpose bersama para Petinggi Uncen dan mahasiswa peserta seminar. (dok. BPIP)

JAYAPURA, VICTORYNEWS - Badan Pembinaan Ideologi Pancasila atau BPIP melalui Direktorat Evaluasi mendorong generasi muda Papua untuk mengaktualisasikan nilai-nilai Pancasila melalui media baru.

Dorongan BPIP itu terungkap dalam seminar yang bertajuk 'Peranan Media dan Generasi Muda Dalam Aktualisasi Nilai-Nilai Pancasila' yang diikuti ratusan mahasiswa yang notabenennya generasi muda Papua di Universitas Cendrawasih, Jayapura, Papua, Jumat (18/11/2022).

Deputi Bidang Pengendalian dan Evaluasi BPIP Dr Rima Agristina mendorong para mahasiswa yang merupakan generasi muda Papua agar dapat memanfaatkan berbagai media, terkhusus media baru dalam mengaktualisasikan nilai-nilai Pancasila.

Baca Juga: Meriahkan Hari Orang Muda Sedunia, OMK Paroki Santo Petrus Tukuneno, Atambua Peduli Kaum Disabilitas

Hal itu guna memperoleh pehamanan dan kesadaran untuk menjaga dan mempertahankan Pancasila sebagai dasar negara.

“Kita sebagai bangsa yang besar harus senantiasa menjaga Pancasila, karena Pancasila terbukti menyatukan kita sebagai bangsa yang beragam. Kami berharap semangat itu digaungkan oleh generasi muda dalam mengaktualisasikan nilai-nilai Pancasila melalui dunia digital,” tuturnya.

Sementara itu, Staf Khusus Ketua Dewan Pengarah BPIP Antonius Benny Susetyo atau Romo Benny mengajak ratusan mahasiswa untuk mengisi ruang media baru dengan konten-konten positif dengan mengangkat narasi kebangsaan.

Baca Juga: Neymar Jr Mengaku 5 Negara Ini Jadi Rival Utama Brasil di Piala Dunia 2022 Qatar

“Bagaimana ruang publik itu kita dijadikan habituasi Pancasila dalam merawat kemajemukan, maka banjiri ruang-ruang publik dengan konten-konten positif yang berisi nilai positif, narasi kebangsaan dengan spirit berkemajuan di dunia maya,” ujar Romo Benny.

Halaman:

Editor: Paschal Seran

Sumber: BPIP

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X