Bjorka Berulah, Komitmen Pemerintah Lindungi Data Warga Dipertanyakan

- Minggu, 20 November 2022 | 19:16 WIB
 Tangkapan layar, inilah data yang diduga dijual Bjorka. (youtube KompasTV)
Tangkapan layar, inilah data yang diduga dijual Bjorka. (youtube KompasTV)

JAKARTA,VICTORYNEWS-Pakar Digital Forensik, Pratama Persadha, menyebut berulangnya kasus dugaan kebocoran data oleh Bjorka, seolah menguji komitmen pemerintah dalam melindungi data-pribadi">data pribadi warga.

"Pemerintah kita tidak mau belajar bahasa ancaman yang datang dari dunia cyber itu semakin dahsyat dan ini sudah banyak contohnya," ungkapnya dilansir dari laporan KOMPAS.TV, Sabtu (19/11/2022).

Pratama menyampaikan ini setelah Bjorka meretas dan menjual data pelanggan MyPertamina seharga USD25 ribu atau hampir Rp400 juta.

Baca Juga: Rayakan HUT ke-65, PAPDI NTT Adakan Pemeriksaan Gratis dan Luncurkan Layanan Fibroscan

Total ada 30 GB data pelanggan yang memuat 44 juta lebih data pelanggan MyPertamina. Selain itu, data yang diklaim Bjorka milik PeduliLindungi di antaranya memuat data nama pengguna, alamat email, nomor KTP, nomor telepon, perangkat yang digunakan, tanggal kelahiran, status Covid-19, histori check-in aplikasi, histori kontak erat pelacakan, termasuk data vaksinasi.

Untuk membuktikan klaimnya, Bjorka menyertakan sampel data di antaranya milik Menkominfo Johnny G Plate, Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan, pun data selebritas.

Sementara Juru Bicara BSSN, Ariandi Putra, menyebut saat ini BSSN, Kemenkes, Kemenkominfo, dan PT Telkom berkoordinasi dan menginvestigasi dugaan kebocoran data PeduliLindungi.

Baca Juga: NTT Miliki 54 Dokter Spesialis Penyakit Dalam, Lima di Antaranya Dokter Konsultan Khusus Penyakit Dalam

"Langkah teknis yang dilakukan di antaranya memvalidasi data yang dipublikasikan oleh Bjorka dan mencocokannya dengan data di peladen PeduliLindungi," kata dia.

Pengecekan teknis lainnya mencakup riwayat aktivitas jaringan dan aktivitas lain di peladen atau server milik PeduliLindungi.***

Halaman:

Editor: Yance Jengamal

Tags

Artikel Terkait

Terkini

HEBAT! Dua Bocah SD Berhasil Gagalkan Aksi Jambret HP

Kamis, 2 Februari 2023 | 16:15 WIB
X