Dalam Sepekan, KKP Tangkap 4 Kapal Pelaku Illegal Fishing

- Rabu, 23 November 2022 | 18:24 WIB
KKP mengakap empat kapal yang melakukan penangkan ikan secara ilegal di perairan Indonesia, tiga diantaranya berasal dari luar negri. (Dok. KKP)
KKP mengakap empat kapal yang melakukan penangkan ikan secara ilegal di perairan Indonesia, tiga diantaranya berasal dari luar negri. (Dok. KKP)

JAKARTA, VICTORYNEWS - Dalam sepekan, Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) berhasil menangkap empat kapal pelaku illegal fishing.

Tiga dari empat kapal pelaku illegal fishing yang ditangkap KKP berasal dari luar negeri.

Empat kapal ini melakukan penangkapan secara ilegal di Wilayah Pengelolaan Perikanan Negara Republik Indonesia (WPPNRI).

Direktur Jenderal Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan (PSDKP), Laksamana Muda TNI Dr. Adin Nurawaluddin, menyebut terdapat dua kapal ikan asing berbendera Vietnam, satu kapal berbendera Filipina serta satu kapal ikan asal Indonesia.

Empat kapal ini diringkus dalam waktu sepekan.

Baca Juga: Pengacara Bongkar Hubungan Tidak Harmonis Wendy Walters dan Reza Arap Hingga Berakhir Cerai

Ia merinci satu kapal asal Tegal bernama KM. Faiz Putra berhasil dilumpuhkan pada 10 November 2022 di Laut Jawa, satu kapal asal Filipina bernama KM. Darwisa (1,66 GT) berhasil dilumpuhkan 11 November 2022 di Laut Sulawesi, serta dua kapal Vietnam bernama KG 9394 TS (140 GT) dan KG 9397 TS (100 GT) berhasil dilumpuhkan pada 16 November 2022 di perairan Laut Natuna Utara.

Ia menambahkan empat kapal ini telah berada di Unit Pelaksana Teknis (UPT) Direktorat Jenderal PSDKP terdekat untuk dilakukan penyidikan lebih lanjut.

Selain kapal, ikan hasil tangkapan dan alat penangkapan ikan yang digunakan turut ditahan sebagai barang bukti penyidikan.

Halaman:

Editor: Beverly Rambu

Tags

Artikel Terkait

Terkini

GEGER! Bom Bunuh Diri Polsek Astana Anyar Bandung?

Rabu, 7 Desember 2022 | 09:59 WIB

RESMI! RUU KUHP Disahkan Menjadi Undang-undang

Selasa, 6 Desember 2022 | 23:27 WIB
X