Sandiaga Uno Ingin Indonesia Bergabung Dengan Empat Negara Dalam Medaftarkan Kebaya ke Unesco

- Selasa, 29 November 2022 | 10:05 WIB
Kebaya Indonesia akan didaftarkan di Unesco (@kebayaindonesia.id)
Kebaya Indonesia akan didaftarkan di Unesco (@kebayaindonesia.id)

JAKARTA,VICTORYNEWS - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia Sandiaga Uno menginginkan Indonesia supaya gabung bersama empat negara lainya dalam mendaftarkan kebaya ke Unesco.

Kebaya merupakan sejenis pakaian bagian atas yang secara tradisional dikenakan oleh wanita di Asia Tenggara, terutama di Indonesia, Malaysia, Brunei Darussalam, dan Singapura, sehingga Sandiaga Uno ingin bergabung dengan negara-negara ini. 

"Bisa jadi seperti pantun kami daftarkan kebaya secara bersama dengan Malaysia, karena pantun digunakan di Malaysia dan Indonesia," kata Sandiaga Uno

Baca Juga: Anggun dan Elegan, Ini Tampilan Kebaya Pengantin Maudy Ayunda

Untuk diketahui keempat negara yang mendaftarkan kebaya ke Unesco adalah Singapura, Brunei Darussalam, Malaysia dan Thailand.

Dilansir victorynews.id dari youtube Kompas TV pada Senin (28/11/2022) di tengah semangatnya kampanye kebaya goes to Unesco ramai digiatkan bergulir kontroversial adanya rencana dari keempat negara diatas untuk mendaftarkan kebaya ke Unesco sebagai warisan budaya tak benda.

Hal senada juga diungkapkan Ganjar Pranowo, Gubernur Jawa Tengah mendorong Indonesia mendaftarkan kebaya sebagi warisan tak benda ke Unesco. Ia menegaskan dari sisi sejarahnya keabaya adalah warisan budaya Indonesia.

Baca Juga: Inspirasi Pagi: Jangan Mengurusi Orang Lain sampai Lupa Diri Sendiri

"Oh iya, jangan sampai kebaya diserobot, kita harus mendaftarkan jangan sampai banyak orang yang mau daftar, karena kebaya ini warisan kita Indonesia,"ungkap Ganjar

Sementara itu komunitas pelajar hingga selebritas tanah air mendesak pemerintah untuk segera juga mendaftarkan kebaya ke Unesco sebagai warisan budaya tak benda.

Halaman:

Editor: Polce Siga

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Kaesang Pangarep Masuk PDIP? Ini Faktanya

Rabu, 1 Februari 2023 | 11:29 WIB

UPDATE! Ini 5 Berita Populer 30 Januari 2023

Selasa, 31 Januari 2023 | 11:43 WIB
X