NTT Sabet Juara Umum di Dua Kejurnas

berbagi di:
foto-hal-17-foto-master-kempo

Sekretaris KONI Kota Kupang Dumuliahi Djami berpose bersama dengan para juara asal Kota Kupang usai kejuaraan Monas Cup di GOR Kecamatan Tanjung Priok, Jakarta Utara, Minggu (28/7) kemarin. Foto: Istimewa

 

 

Tim Shorinji Kempo NTT yang diwakili Kota Kupang meraih juara umum Kejurnas Monas Cup 2019 dan Invintasi Shorinji Kempo yang diselenggarakan Perkemi DKI Jakarta. Sembilan medali emas berhasil diraih dalam kejuaraan Invitasi Shorinji Kempo, kusus untuk pemula. Sedangkan dalam Kejurnas Monas Cup yang diwakili Kota Kupang, Belu, Manggarai, dan Manggarai Barat, tim Shorinji Kempo NTT berhasil menyabet 13 medali emas dan satu perunggu yang mempertandingkan remaja B dan dewasa.

Event ini diikuti 400 lebih kenshi remaja dari berbagai daerah di Indonesia yang berlangsung pada 25-28 Juli di GOR Kecamatan Tanjung Priok, Jakarta Utara. Untuk NTT, diikuti 66 atlet dari Kota Kupang 37 orang atlet, Kabupaten Belu 14 orang atlet, Kabupaten Manggarai 12 orang atlet, dan Kabupaten Manggarai Barat tiga orang atlet. Para atlet yang sudah mendapat rekomendasi dari Pengprov Perkemi NTT itu berhasil menyabet 13 medali emas dan keluar sebagai juara umum.

“Perolehan medali dengan mengikuti dua bentuk event, yang pertama adalah event Invitasi Shorinji Kempo khusus untuk pemula yang hanya diikuti oleh Kota Kupang dengan perolehan sembilan medali emas menempatkan Kota Kupang sebangai juara umum. Selanjutnya Monas Cup yang mempertandingkan remaja B dan dewasa, Kota Kupang berhasil meraih tujuh medali emas, Belu meraih empat medali emas, Kabupaten Manggarai satu medali emas, Manggarai Barat satu medali emas. Itu yang membuat NTT keluar sebangai juara umum,” jelas Sekretaris Umum Pengprov Perkemi NTT Sensei George Hadjoh saat dikonfirmasi VN, Sabtu (28/7) usai kejuaraan.

Sensei George yang juga sebagai Kepala UPT Dispora NTT mengatakan sebagai Ketua Umum Perkemi NTT Eston L Foenay akan melakukan evaluasi walaupun dari dua kali tryout, tim Shorinji Kempo NTT berhasil menjadi juara umum. Evaluasi dilakukan untuk melihat kekurangan yang ada, sehingga tim Shorinji Kempo NTT dapat mencapai target yang maksimal di Pra PON dengan meloloskan atlet sebanyak-banyaknya menuju PON XX 2020 di Papua.

“Pemprov Perkemi Nusa Tenggara Timur akan melakukan evaluasi dari dua event tryout masing-masing kejuaraan Nasional di Makasar dan kejuaraan Nasional di Jakarta untuk mengevaluasi secara menyeluruh kelebihan dan kekurangan yang masih ada pada atlet yang dipersiapkan untuk menghadapi Pra PON. Harapan kita dengan dua event ini walaupun menempatkan Nusa Tenggara Timur sebagai juara umum ini menjadi masukan dan juga perbaikan bagi para atlet dan pelatih untuk menentukan program-program dalam rangka membuat persiapan menghadapi Pra PON lebih baik,” jelasnya.

Menurutnya, selama tim Shorinji Kempo NTT mengikuti event ini, didampingi langsung oleh Ketua Umum Pengprov Perkemi NTT Eston L Foenay yang didampingi oleh Sekretaris Koni Kota Kupang Dumuliahi Djami bersama dua orang anggota KONI Kota Kupang. Sedangkan Pengprov Perkemi NTT yang mendampingi atlet adalah para pelatih yang mempersiapkan atlet NTT dalam rangka menghadapi Pra PON pada bulan November 11-16 November di Banjar Masin, Kalimantan Selatan.

Pihaknya berharap Shorinji Kempo NTT dapat meningkatkan dan mempertahankan eksetensinya di PON XX 2020 mendatang di Papua.

“Karena Nusa Tenggara Timur menjadi bidikan dari semua Provinsi untuk bagaimana menyelamatkan NTT dengan kondisi perolehan medali pada PON yang lalu dengan tujuh medali emas, satu perak dan lima perunggu. Inilah upaya-upaya yang perlu dicoba dan yang dilakukan oleh Pemprov Perkemi NTT yang didukung oleh KONI NTT dalam rangka mempertahankan sedemikian mungkin untuk meningkatkan jumlah atlet yang lolos ke PON nanti,” ungkapnya.

Ia mengatatakan para kenshi yang mengikuti event ini merupakan para kenshi binaan Dispora NTT dan Dispora Kabupaten/Kota di sentra Pusat Pendidikan dan Latihan Pelajar (PPLP) dan Pusat Pendidikan Latihan Daerah (PPLD).

Sekretaris KONI Kota Kupang Dumuliahi Djami merasa gembira dan berharap dapat meloloskan atlet Kempo sebanyak-banyaknya ke PON 2020 di Papua.

Ia mengapresiasi kerja keras dari para pelatih dan atlet Shorinji Kempo Kota Kupang yang mewakili Perkemi NTT dalam kejuaraan tersebut karena berkat semangat juang yang tinggi, para kenshi asal Kota Kupang berhasil memperoleh juara umum dalam dua event sekaligus.

“Sebagai KONI Kota kupang yang pertama kita memberikan apresiasi terhadap anak-anak itu, yang paling penting buat saya itu kan selama ini anak-anak suda bertanding yang sangat luar biasa oleh karena itu kita dari Koni memberikan aspirasi,” ungkapnya.

Ia berpesan agar para atlet tidak puas dengan apa yang diperoleh hari inj karena tujuan atau sasaran utamanya iyalah Pra PON menuju PON XX 2020 Papua. (mg-20/C-1)