NTT Tambah Lima Pasien Positif Covid-19 Klaster Sangke Palanga

berbagi di:
retno

 

drg Retnowaty
Kadis Kesehatan Kota Kupang

 

Stef Kosat

 

MEMASUKI pekan kedua Agustus 2020, jumlah pasien positif Covid-19 di Provinsi NTT bertambah lima orang per Rabu (12/8). Penambahan itu berasal dari klaster KM Fery Sangke Palanga dari Makassar-Labuan Bajo, Manggarai Barat (Mabar).

Kelima pasien penumpang tersebut berasal dari Mabar empat orang, dan Manggarai satu orang. Dengan demikian, jumlah kumulatif pasien positif Covid-19 di NTT menjadi 162 orang. Dari jumlah tersebut, 70 orang dinyatakan sembuh, masih dirawat 40 orang, dan meninggal 1 orang.

“Kedatangan KM Sangke Palanga dari Makassar ke Labuan Bajo dalam dua trip, melahirkan dua klaster penularan baru,” ungkap Koordinator Tracking Gugus Tugas Covid-19 Provinsi NTT dr Acep Efendi saat diwawancarai VN di kantor Dinkes NTT, Rabu (12/8).

Ia menjelaskan, bahwa lahirnya dua klaster tersebut adalah pada trip pertama KM Fery Sangke Palanga membawa tujuh pasien korona dan pada trip kedua membawa empat orang pasien korona.

“Kami langsung berkoordinasi dengan Dinkes Mabar untuk kepentingan penelusuran untuk meminimalisir transmisi lokal dari klaster KM Palanga,” bebernya.

Sementara itu, kabar menggembirakan juga mengemuka setelah 21 anak berusia 0-18 tahun, telah dinyatakan sembuh dari covid-19.
Sedangkan anak terpapar korona yang masih dirawat sampai Selasa (11/8), berjumlah tiga orang, dirawat di RSUD Komodo Labuan Bajo. Dua pasien anak sudah dirawat selama 17 hari dan satu orang dirawat selama 27 hari. Rata-rata hari rawat pasien anak di NTT selama 29 hari.

Secara Nasional

Sementara itu, data Pemerintah Pusat hingga Rabu (12/8) pukul 12.00 WIB memperlihatkan bahwa jumlah kasus Covid-19 di Tanah Air terus bertambah. Dalam 24 jam terakhir, ada penambahan 1.942 kasus baru.

Penambahan itu menyebabkan saat ini ada 130.718 kasus Covid-19 di Indonesia, terhitung sejak diumumkannya kasus pertama pada 2 Maret 2020. Informasi ini disampaikan Satuan Tugas Penanganan Covid-19 melalui situs Covid19.go.id.

Pemerintah juga memperlihatkan harapan dengan semakin banyaknya pasien yang sembuh. Total, sudah ada 85.798 pasien yang dinyatakan sembuh dan tidak lagi terinfeksi virus corona.

Namun, pemerintah juga menyampaikan kabar duka dengan semakin meningkatnya angka kematian. Saat ini, diketahui ada 5.903 pasien yang meninggal dunia di Indonesia. Ada penambahan 79 pasien yang tutup usia dalam periode 11-12 Agustus 2020. Jumlah pasien yang masih dalam perawatan berjumlah 39.017 orang. Sedangkan jumlah suspek terkait penularan virus corona saat ini mencapai 86.619 orang.
Sudah Dihentikan

Kepala Dinas Kesehatan Kota Kupang drg Retnowaty mengaku biaya untuk honor Tim Satgas Penanganan Covid-19 di Kota Kupang sudah dihentikan bulan Juni 2020. “Honor untuk Juli sudah tidak ada, karena Posko selesai di Juni saja. Selanjutnya Posko hanya di Dinas Kesehatan,” katanya.

Ke depan, Satgas Penanganan Covid-19 Kota Kupang dikembalikan ke instansi masing-masing. “Jadi untuk tugas penanganan Covid 19 dilakukan di instansi masing-masing,” jelasnya.

Ia mengimbau warga Kota Kupang agar tetap menjaga protokol kesehatan yang sudah ditetapkan bersama sehingga kota Kupang untuk seterusnya bersih dari korona.

“Paling utama itu selalu pakai masker. Jangan lihat sepele tapi fungsinya sangat besar,” jelasnya. (mg-25/C-1/yan/ol)