NTT tidak Bisa Maju tanpa Riset

berbagi di:
img-20201016-wa0000

 

Viktor Bungtilu Laiskodat
Gubernur NTT

 

 
Yapi Manuleus

 

GUBERNUR NTT Viktor Bungtilu Laiskodat (VBL) mengatakan, hasil riset atau penelitian sangat menguntungkan bagi kemajuan dunia khususnya NTT. Dirinya sangat bangga ketika ada anak-anak muda NTT dari Forum Akademia NTT yang selalu bekerja mengembangkan hasil risetnya demi kemajuan NTT.

Hal ini dikatakannya dalam sambutan saat Launching Laboratorium Biomolekuler Kesehatan Masyarakat Provinsi NTT Rumah Sakit Penyangga Undana Kupang, kerja sama Pemerintah Provinsi NTT, Undana dan Forum Akademia NTT, Jumat (16/10).

“Saya sangat berbangga hari ini di tempat ini karena tidak ada di Dunia ini untuk menuju masa depan tanpa riset. Karena itu saya paling gembira dalam hati saya ketika menemukan anak-anak muda yang punya kemampuan hebat di NTT ini, itu bahagianya saya luar biasa,” ujarnya.

“Riset itu membuat kita menemukan Tuhan, jadi kalau orang bilang saya bersyukur karena memiliki Tuhan yaitu lewat Riset, setelah Riset maka dia tahu luar biasa Tuhan,” tambah VBL.

Dirinya akan mendorong perguruan tinggi di NTT untuk mengembangkan riset secara serius. Bahkan sudah menyiapkan anggaran agar di tahun 2021 Provinsi NTT akan mempunyai Laboratorium yang cukup.

“Para Pemuda Akademia yang hari ini berjuang sendiri-sendiri tanpa bantuan pemerintah tapi mereka jadi orang mereka terpanggil pulang untuk bangun provinsi ini. Sebentar ini kita duduk untuk kita hitung bersama berapa yang dibutuhkan tapi disesuaikan dengan kemampuan APBD, karena kita lagi fokus pada pertanian, peternakan, perikanan dan infrastruktur. Mungkin 2022 dan 2023 kita akan kurangi pelan-pelan karena sudah sedikit tercapai, dan kita akan menuju kepada riset dan teman-teman riset ini tidak usah pusing lagi karena pasti sudah bisa tersedia makanan yang cukup dan layak bagi seorang peneliti,” jelasnya. (Yan/ol)