46 Calon Anggota Bawaslu NTT Ikut Computer Assisted Test di UPT BKN Kupang

- Senin, 22 Mei 2023 | 10:27 WIB
Ketua Timsel Anggota Bawaslu NTT, Ernesta Uba Wohon saat memberikan penjelasan sebelum CAT dimulai.  (victorynews.id/Kekson Salukh.)
Ketua Timsel Anggota Bawaslu NTT, Ernesta Uba Wohon saat memberikan penjelasan sebelum CAT dimulai. (victorynews.id/Kekson Salukh.)

KUPANG, VICTORYNEWS - Sebanyak 46 peserta calon anggota Bawaslu NTT mengikuti tes tertulis berbasis Komputer atau Computers Assisted Test (CAT).

Ketua Timsel Anggota Bawaslu NTT Ernesta Uba Wohon menjelaskan, secara keseluruhan ada 59 orang yang melamar untuk ikut tahapan seleksi anggota Bawaslu NTT.

Dari jumlah tersebut, kata Ernesta, hanya 49 calon yang lolos verifikasi berkas untuk mengikuti tahapan CAT di UPT Badan Kepegawaian Nasional (BKN) Kupang.

Baca Juga: Perkuat Pengawasan Jelang Pemilu 2024, Bawaslu Manggarai Timur Gelar Media Gathering

Namun, saat pelaksanaan CAT ternyata tiga peserta tidak hadir sehingga secara keseluruhan peserta calon anggota Bawaslu NTT yang mengikuti CAT hanya 46 orang.

"Yang daftar calon anggota Bawaslu NTT awalnya 59 orang, namun 10 tidak lolos seleksi administrasi sehingga sisa 49 peserta, kemudian tadi saat pelaksanaan CAT ternyata tiga orang tidak ikut CAT jadi total hanya 46 peserta," kata Ernesta kepada victorynews.id, Senin, (22/5/2023) siang.

Tes tertulis menggunakan metode CAT bagi 46 calon anggota Bawaslu NTT dalam pelaksanaannya bekerja sama dengan UPT BKN Kupang.

Baca Juga: Ketua Bawaslu: Tak Ada Temuan selama Proses Pendaftaran Bacaleg di KPU Kota Kupang

Menurut Ernesta, pelaksanaan CAT di UPT BKN untuk menjamin transparansi pelaksanaan, objektivitas penilaian, independensi Timsel, dan akuntabilitas hasil tes.

"Bawaslu Republik Indonesia bekerja sama dengan Badan Kepegawaian Negara (BKN) Republik Indonesia sehingga secara hirarkis BKN mendelegasikan teknis pelaksanaannya kepada UPT BKN yang ada di Kupang, " jelas Ernesta.

Lanjut Ernesta, Timsel Bawaslu NTT dan UPT BKN Kupang sepakat menjamin kelancaran dan kemurnian proses pelaksanaan tes tertulis dengan berpegang pada pedoman pelaksanaan dan petunjuk teknis yang dikeluarkan oleh Bawaslu RI maupun BKN.

Baca Juga: Bawaslu NTT Siap Hadapi Sengekata Pemilu 2024

Timsel Bawaslu NTT hadir pada saat pelaksanaan tes sebagai pendamping sekaligus untuk memastikan pelaksanaan tes tertulis sesuai dengan jadwal yang telah diumumkan.

"Untuk tes tertulis tersebut, materi tes dikirim dari BKN Republik Indonesia sesaat sebelum tes dimulai. Dan nanti langsung dikembalikan ke pusat untuk diperiksa tes pilihan ganda, sedangkan essay diperiksa oleh Timsel, " ujarnya.

Halaman:

Editor: Paschal Seran

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Bayar TPP ASN, Pemprov NTT Alokasi Dana Rp120 Miliar

Jumat, 22 September 2023 | 18:32 WIB

7 Camat di Kabupaten Kupang Diganti

Jumat, 22 September 2023 | 14:54 WIB
X