Gubernur NTT Minta Penanganan Kasus Rabies di Kabupaten Timor Tengah Selatan Dengan Cara Luar Biasa

- Kamis, 1 Juni 2023 | 13:07 WIB
Gubernur NTT Viktor Bungtilu Laiskodat saat meninjau proses vaksin anjing maupun warga korban rabies di Desa Fenun, Kabupaten TTS.  (Victorynews.id/Kekson Salukh.)
Gubernur NTT Viktor Bungtilu Laiskodat saat meninjau proses vaksin anjing maupun warga korban rabies di Desa Fenun, Kabupaten TTS. (Victorynews.id/Kekson Salukh.)

SOE, VICTORYNEWS- Gubernur NTT Viktor Bungtilu Laiskodat meminta penanganan kasus rabies di Kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS) harus dilakukan dengan cara luar biasa.

Pemerintah Kabupaten TTS harus berkolaborasi dengan pemerintah Provinsi NTT dan Kementerian Kesehatan RI untuk melakukan penanganan secara serius.

"Jika saat ini sudah ditetapkan menjadi kejadian luar biasa maka penanganan juga harus dilakukan dengan cara luar biasa, " tegas Gubernur Viktor saat berada di Desa Fenun, Kabupaten TTS, Kamis, (1/6) 2023) pagi.

Baca Juga: Raih WTP Tiga Tahun Berturut Turut, Pemkab TTU Gandeng Kejaksaan Tuntaskan Catatan dan Temuan BPK RI

Lanjut Gubernur Viktor, daerah yang zona merah kasus rabies harus dilakukan penjagaan ketat 24 jam untuk menertibkan anjing-anjing rabies yang mungkin datang dari luar.

Bacaleg DPR RI dari Dapil NTT II itu menuturkan, pemerintah akan vaksin anjing rabies sehingga masyarakat jangan sembunyikan.

"Tolong sampaikan, kalau pemerintah mau vaksin atau bunuh anjing rabies jangan sembunyikan, " tegas Gubernur Viktor.

Baca Juga: Pemkab Kupang Raih Opini WTP BPK RI, Bupati Kupang Korinus Masneno : Ini Pertama Kalinya

Ia menegaskan, Pemerintah Desa di TTS harus melarang orang luar bawa anjing ke desa. Harus sosialisasi kepada masyarakat.

Pemerintah Provinsi NTT akan berkoordinasi dengan Forkopimda untuk melakukan pencegahan.

Gubernur Viktor minta Bupati, Camat, dan Kepala Desa selalu memantau masyarakat di rumah sehingga tindakan pencegahan rabies berjalan baik.

Baca Juga: Ramalan Zodiak Hari Ini, Sagitarius Masuk Lingkungan Kerja yang Cocok

"Jika ada anjing yang sudah gigit sembarang, atau sudah ada gejala rabies maka langsung dimusnahkan, " pungkasnya. ***

 

Halaman:

Editor: Polce Siga

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X