Pemkab Rote Ndao Jamin DSP Korban Seroja Tidak Disalahgunakan

- Sabtu, 8 Januari 2022 | 10:31 WIB
Sekda Rote Ndao, Jonas M Selly
Sekda Rote Ndao, Jonas M Selly

BA'A,VICTORYNEWS-Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Rote Ndao menjamin, penyaluran
bantuan Dana Siap Pakai (DSP) sebesar Rp107.325.000.000 yang telah diserahkan BNPB RI melalui Bank BRI, tidak disalahgunakan. Sebab, Aparat Penegak Hukum (APH) akan mengawal ketat pemanfaatan dana tersebut.

Demikian penegasan Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Rote Ndao, Jonas M Selly, yang dikonfirmasi victorynews di ruang kerjanya, Sabtu (8/1/2022).

Baca Juga: Rolling Eselon II Pemkot Kupang Tunggu Putusan KASN

Jonas menjelaskan, DSP stimulan rehabilitasi dan rekontruksi pasca bencana Siklon Tropis Seroja 2021 diberikan Pemerintah Pusat sesuai data hasil verifikasi dan validasi yang dilakukan Tim Kabupaten yang dikirimkan ke BNPB. Setelah data tersebut direview oleh APIP BNPB, ada 9.381 KK yang terdampak Badai Seroja awal April 2021. Rinciannya, Rusak Berat (RB) sebanyak 117 KK, Rusak Sedang (RS) 589 KK, dan Rusak Ringan (RR) 8.675 KK.

Pemkab akan membuat Petunjuk Teknis (Juknis) Penyaluran kepada KK terdampak. Juknisnya nanti disosialisasikan kepada masyarakat luas selama 7 hari. Sekaligus dilakukan secara bersamaan dengan Uji Publik terkait nama-nama KK penerima DSP tersebut.

Baca Juga: Pemprov NTT akan Bangun Pabrik Semen Timor di Kupang Barat

"Dalam Juknis juga kita atur tentang pendampingan dan pengawasan penyalurannya dari APH, dalam hal ini Kejari dan Polres, serta tentunya juga kita akan sampaikan kepada lembaga DPRD yang melaksanakan fungsi pengawasan," katanya.

Masih menurut Jonas, setelah uji publik dilakukan, nantinya ditetapkan lagi nama-nama penerima hasil uji publik dengan Keputusan Bupati Rote Ndao. Setelah itu baru Pemkab akan menyurati BRI karena dana ini tidak masuk ke Kas Daerah.***

Editor: Yance Jengamal

Tags

Terkini

Bocah Terseret Banjir di Rote Ndao ditemukan Meninggal

Kamis, 10 Februari 2022 | 11:28 WIB

Rote Terapkan PPKM Level 1

Selasa, 18 Januari 2022 | 21:59 WIB

Bupati Rote Pantau Bayi Stunting di Loaholu

Rabu, 12 Januari 2022 | 11:19 WIB
X