Dana Telah Ditransfer BNPB BPBD TTS Masih Data Ulang Kerusakan Badai Seroja

- Senin, 10 Januari 2022 | 18:17 WIB
 Kepala BPBD TTS Yery Nakamnanu. (Victory News/Meggi Fobia)
Kepala BPBD TTS Yery Nakamnanu. (Victory News/Meggi Fobia)

 

SOE, VICTORY NEWS - Meskipun Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) telah mentransfer dana bantuan korban badai seroja sebesar Rp 5,665 miliar, namun Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten TTS masih mendata ulang jumlah kerusakan rumah warga.
Pendataan ulang ini penting agar data lebih valid sambil menanti petunjuk lanjutan dari BNPB.

Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten TTS, Yery Nakamnanu ketika diwawancarai Victory News di ruang kerjanya, Senin (10/1/2022) mengatakan, dana banntuan seroja sudah masuk rekening daerah per 31 Desember 2021. Namun, tidak langsung mentransfer kepada penerima karena harus mendata ulang soal jenis kerusakan dan uji publik.

Baca Juga: Siap-Siap, Akhir Januari Dana Seroja Cair

“Hasil verifikasi ulang akan dilakukan uji publik untuk mantapkan jenis kerusakan. Sebab, data bisa berubah karena ada yang laporkan setelah BPBD TTS laporkan ke BNPB,” ujarnya.

Dari komposisi kerusakan sesuai hasil verifikasi, lanjutnya akan dilihat dari pemilik rumah, apakah mau direlokasi ke tempat lain yang aman untuk bangun rumah atau tidak.

Sebab, jika bangun pada tempat yang sama dikwatirkan akan mengalami kerusakan akibat bencana alam.

Baca Juga: Akhirnya Dana Seroja untuk 16 Kabupaten di NTT Cair

"Harus dibangun pada lokasi atau tempat yang aman, sehingga tidak lagi mengalami peristiwa lanjutan. Oleh karena itu, penerima harus terima jika direlokasi dari tempat semula yang terdampak bencana," ujarnya.

Halaman:

Editor: Polce Siga

Tags

Terkini

Sembilan WBP Lapas Atambua Dapat Asimilasi di Rumah

Kamis, 27 Januari 2022 | 20:13 WIB
X