Bupati Rote Pantau Bayi Stunting di Loaholu

- Rabu, 12 Januari 2022 | 11:19 WIB
Bupati Rote Ndao Paulina Haning-Bullu menyerahkan bantuan PMT kepada Nitanel Nafi, ayah Rafael Nafi, bayi laki-laki yang mengalami stunting, saat menyambangi rumahnya di Dusun Soti, Desa Oelua, Kecamatan Loaholu, Selasa (11/01/2022) petang.  (Frangky Johannis)
Bupati Rote Ndao Paulina Haning-Bullu menyerahkan bantuan PMT kepada Nitanel Nafi, ayah Rafael Nafi, bayi laki-laki yang mengalami stunting, saat menyambangi rumahnya di Dusun Soti, Desa Oelua, Kecamatan Loaholu, Selasa (11/01/2022) petang. (Frangky Johannis)

ROTE, VICTORY NEWS- Bupati Rote Ndao Paulina Haning-Bullu melaksanakan pemantauan langsung terhadap perkembangan dua anak di bawah dua tahun (Baduta) stunting, yakni yakni Rafael Nafi dan Amora Henuk, di Kecamatan Loaholu, Selasa (11/01/2022) petang.

Dalam melakukan pemantauan, Bupati Paulina didampingi Camat Lohaholu Jemi Oktovianus Adu, Sekcam Masyono Sucipto Dano, Kepala UPTD Puskesmas Oelaba drg Deasy M Ledoh, dan Kades Oelua Mikael Henuk.

Bupati Paulina menyampaikan bahwa kinerja capaian penurunan angka stunting di Kabupaten Rote Ndao beberapa tahun terakhir yang signifikan, tidak terlepas dari berbagai inovasi pemerintah dan seluruh stakeholders terkait melalui gerakan bersama Rote Cerdas.

Baca Juga: Data Stunting 2021 Kota Kupang Tidak Akurat

Di mana, kata Bupati Paulina, meliputi action plan Gerakan Operasi Timbang lintas sektor, Pemberian Makanan Tambahan (PMT) berupa abon ikan, serta pangan lokal lainnya bagi ibu dan balita stunting (Mama Bo'i). Juga Gerakan Kakak Angkat dan Adik Asuh (GKA3) yang telah ditetapkan dengan Peraturan Bupati Rote Ndao Nomor 11 Tahun 2021, di mana seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) menjadi kakak angkat bagi Baduta stunting di desa masing-masing, yang dikoordinir Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD).

Menurutnya, tujuan dilakukan pemantauan adalah untuk mengamati perkembangan baduta dan balita stunting yang sudah disentuh melalui berbagai program inovasi tersebut, di mana langkah awal di tahun 2022 ini di Kecamatan Loaholu.

Pantauan victorynewes.id, saat melakukan kunjungan menemui Rafael Nafi (9 bulan), bayi laki-laki anak dari Nitanel Nafi, warga Dusun Soti, Desa Oelua dan Amora Henuk (2) Baduta perempuan, anak dari Nonce Talli di Dusun Loedik, Desa Oebela, Kecamatan Loaholu, meminta kepada kedua orang tua untuk Baduta tersebut untuk selalu mengunjungi Posyandu setiap bulan dan juga memperhatikan asupan gizi yang baik kepada anak.

Baca Juga: Pemkot Kupang Komitmen Turunkan Angka Stunting di Tahun 2022Baca Juga: Pemkot Kupang Komitmen Turunkan Angka Stunting di Tahun 2022

"Memang ada berbagai sentuhan melalui program PMT berupa abon ikan, pangan lokal lainnya bagi ibu dan balita stunting (Mama Bo'i), serta Gerakan Kakak Angkat dan Adik Asuh, tetapi papa dan mama juga harus bisa memanfaatkan apa yang ada di sekitar rumah seperti kelor dan sayuran lokal lainnya karena itu sangat membantu memenuhi kebutuhan gizi," ujar Bupati Paulina.

Halaman:

Editor: Beverly Rambu

Tags

Terkini

Bocah Terseret Banjir di Rote Ndao ditemukan Meninggal

Kamis, 10 Februari 2022 | 11:28 WIB

Rote Terapkan PPKM Level 1

Selasa, 18 Januari 2022 | 21:59 WIB

Bupati Rote Pantau Bayi Stunting di Loaholu

Rabu, 12 Januari 2022 | 11:19 WIB
X