Pemkab Lembata Lengkapi Empat Berkas Pinjaman Dana PEN

- Jumat, 14 Januari 2022 | 21:32 WIB
Sekretaris Daerah Lembata Paskalis Ola Tapobali. (Hiero Bokilia/Victory News)
Sekretaris Daerah Lembata Paskalis Ola Tapobali. (Hiero Bokilia/Victory News)

LEWOLEBA, VICTORY NEWS - Untuk segera merealisasikan pinjaman dana pemulihan ekonomi nasional (PEN), Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lembata tengah mempersiapkan empat berkas yang diminta Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

Empat berkas itu antara lain penandatanganan dan salinan APBD TA 2021 dan APBD TA 2022, surat rekomendasi persetujuan pelampauan defisit dari Kementerian Keuangan kepada Pemda Lembata dan surat rekomendasi persetujuan Kemendagri ke Kementerian Keuangan.

Sekretaris Daerah (Sekda) Lembata Paskalis Ola Tapobali saat ditemui Victory News di ruang kerjanya, Kamis (13/1/2022) mengatakan, semua dokumen pada Selasa (11/1/2022) lalu sudah dikirim dan dikonsolidasikan semua.

Baca Juga: Sebarkan Voice Note Bernada Makian, Stanis Gagal jadi Kadis Malah Dapat Sanksi

"Setelah semua persyaratan itu dikatakan efektif baru mulai berproses," kata Tapobali.

Dokumen yang masih perlu dipersiapkan, lanjutnya, adalah dokumen rekomendasi dari Kemendagri dengan pertimbangan dan perhitungannya. Untuk dokumen tersebut, dalam prosesnya difasilitasi oleh PT SMI.

Ditanya terkait kemampuan keuangan daerah dalam penyerapan dan pengembalian dana pinjaman itu, Tapobali menjelaskan sesuai perhitungan, angka pinjaman dan pengembalian Rp50 miliar per tahun dirasa cukup dan masuk dalam perhitungan kemampuan keuangan daerah.

Baca Juga: Dapat Sanksi Berat, Sekretaris Dinas Kominfo Lembata : Jangan Copot NIP Saya

Apalagi, nilai pengembaliannya tidak flat namun bervariasi angkanya.

Bupati Lembata Thomas Ola Langodai menjawab Victory News mengatakan, setelah semua dokumen pentransferan dana pinjaman dilengkapi, maka pinjaman akan segera direalisasikan.

Halaman:

Editor: Polce Siga

Tags

Terkini

Maxi Wolor, Mantan Ketua AJI Palu Berpulang

Kamis, 27 Januari 2022 | 17:43 WIB

Gubernur NTT: Pelayanan Publik Harus Jadi Prioritas

Senin, 24 Januari 2022 | 19:48 WIB
X