Masyarakat Adat Tolak Bantuan AMAN Tangani Waduk Lambo

- Kamis, 20 Januari 2022 | 16:51 WIB
 Wakil Bupati Nagekeo, Marianus Waja pose bersama forum Masyarakat adat Lambo Ndora dan Rendubutowe bersama aparat keamanan di Aula Lantai I Kantor Bupati Nagekeo. Foto : Victory News/Bernad Sapu.
Wakil Bupati Nagekeo, Marianus Waja pose bersama forum Masyarakat adat Lambo Ndora dan Rendubutowe bersama aparat keamanan di Aula Lantai I Kantor Bupati Nagekeo. Foto : Victory News/Bernad Sapu.

MBAY, VICTORY NEWS - Masyarakat adat dari komunitas Lambo, Ndora dan Rendubutowe menolak bantuan dari sekelompok masyarakat maupun organisasi yang menamakan diri Aliansi Masyarakat Adat Nusantara (AMAN) untuk menangani terkait lahan dan pembangunan Waduk lambo.

Wadok Lambo masuk dalam proyek strategis nasional yang dicetus Presiden RI Joko Widodo bersama enam waduk atau bendungan lainnya di NTT.

Tiga komunitas masyarakat adat itu sama sekali tidak membutuhkan bantuan AMAN terkait penyelesaian lahan dan proses pembangunan Waduk Lambo di Kecamatan Aesesa Selatan, Kabupaten Nagekeo.

Baca Juga: Forum Masyarakat Adat Desak Pemkab Nagekeo Segera Bayar Uang Ganti Rugi Lahan Waduk Lambo

Penolakan ini disampaikan langsung perwakilan masyarakat adat, Thomas Djawa Sina saat aksi damai di hadapan Wakil Bupati Nagekeo di Kantor Bupati Nagekeo, Rabu (19/1/2022).

"Oleh karena itu kami dari forum masyarakat adat Lambo, Ndora dan Rendubutowe memberikan ultimatum tegas kepada AMAN) untuk segera keluar dari tiga komunitas adat yang mendukung pembangunan Waduk Lambo," tandas Thomas.

Dia mengatakan, AMAN sekali tidak dibutuhkan masyarakat adat, karena organisasi itu dianggap menghambat pembangunan Waduk Lambo.

Baca Juga: Proses Ganti Rugi Pembangunan Waduk Lambo dalam Tahap Validasi Data

"Karena kehadiran organisasi AMAN tidak dibutuhkan oleh kami masyarakat adat. Tidak bermanfaat dalam urusan proyek strategis nasional Waduk Lambo di tiga komunitas adat dimaksud," tegasnya.

Dia mengatakan, pihaknya memberikan dukungan terhadap pembangunan Waduk Lambo bukan sifatnya mendadak atau baru sadar dari tidur.

Halaman:

Editor: Polce Siga

Tags

Terkini

X