Kontraktor Kembalikan Uang Kerugian Negara, Kajari TTU: Proses Hukum Tetap Lanjut

- Selasa, 25 Januari 2022 | 11:06 WIB
Pelaksana Lapangan PT. Jery Karya Utama mengembalikan uang kerugian negara di hadapan jaksa Kejari TTU. (Gusty Amsikan)
Pelaksana Lapangan PT. Jery Karya Utama mengembalikan uang kerugian negara di hadapan jaksa Kejari TTU. (Gusty Amsikan)

KEFAMENANU, VICTORYNEWS- Kepala Kejaksaan Negeri TTU, Roberth Jimmy Lambila, kepada Victory News, Selasa (25/1/2022) menegaskan proses hukum kasus korupsi pembangunan Gedung Inbate, Kecamatan Bikomi Nilulat dipastikan tetap dilanjutkan.

Menurutnya, meski pelaksana lapangan PT. Jery Karya Utama, BL telah mengembalikan kerugian negara, Senin (24/1/2022) namun tidak bisa menghilangkan tindak pidana korupsi yang telah dilakukan.

Baca Juga: Dugaan Korupsi Puskesmas Inbate, Kajari TTU: Naik ke Tahap Penyidikan

Penyidik Kejari TTU pun tak akan menghentikan proses hukum terhadap semua pihak yang diduga terlibat dalam kasus tersebut.

Hal tersebut telah diatur dalam Pasal 4 UU Nomor 31 Tahun 1999 Tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi sebagaimana diubah dengan UU Nomor 20 Tahun 2001.

"Saat ini kasus tersebut sudah pada tingkat penyidikan sehingga tidak bisa lagi dihentikan. Jadi, para terduga tetap dipidana meski telah mengembalikan keuangan negara. Tapi pengembalian uang tersebut bisa meringankan saat dijatuhi putusan oleh hakim," tandasnya.

Baca Juga: Ancam Bunuh Pakai Parang, Yusak Langga Dibawa ke Rutan Klas IIB Kupang

Ia menambahkan, pihaknya telah melakukan pemeriksaan terhadap lima orang saksi diantaranya Kadis Kesehatan Thomas Laka, PPK Leonard Diaz, Direktur PT. Jery Karya Utama Candra Asa, Pelaksana pekerjaan Benyamin Lasakar dan perantara Yakobus Sonbay.

Sementara total saksi yang diperiksa dalam kasus tersebut sebanyak 27 orang terdiri dari KPA, PPK, POKJA, Konsultan Perencana, Kontraktor pelaksana, Konsultan Pengawas, Tim Teknis, PPHP, Bendahara, Tenaga Ahli dalam kontrak.

Halaman:

Editor: Beverly Rambu

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Anggota DPR RI Ratu Wulla Kunker di Kabupaten TTS

Minggu, 20 November 2022 | 20:23 WIB
X