Pemkab Kupang Targetkan Buka 100 Hektare Lahan Baru Pertanian

- Kamis, 27 Januari 2022 | 12:44 WIB
Petani sedang mengolah lahan sawah di Oesao, Kecamatan Kupang Timur, Kabupaten Kupang. Foto : Victory News-Alfret Otu.
Petani sedang mengolah lahan sawah di Oesao, Kecamatan Kupang Timur, Kabupaten Kupang. Foto : Victory News-Alfret Otu.

OELAMASI-VICTORY NEWS - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kupang melalui Dinas Pertanian (Distan) menargetkan akan membuka 100 hektare (ha) lahan baru.

100 ha lahan baru itu akan dibuka di Benu, Kecamatan Takari, Kabupaten Kupang untuk meningkatkan produksi pangan di Kabupaten Kupang.

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Kupang Amin Juariah di Oelamasi, Kamis (27/01/2022) mengatakan pembukaan lahan baru itu sudah didesign kemudian sudah lihat lokasinya sangat cocok untuk lahan baru itu.

Baca Juga: Kebut Target 100 Persen Vaksinasi, 502 Siswa SDI Lamahora Lembata Mulai Vaksin

Dia menjelaskan, 100 ha lahan baru itu untuk produksi pangan karena memang target integrasi pertanian sehingga bukan hanya satu produk pertanian yang dihasilkan.

Menurut dia, lokasi di Takari sangat cocok karena ketersediaan air untuk usaha pertanian sangat bagus dan produksi pastu akan meningkat. Suplai air di daerah Benu di Takari itu yakni dari sungai Noelmina.

Pelaksanaan pembukaan lahan baru itu ditargetkan pada tahun 2022. Semua masih dalam persiapan persiapan seperti persiapan calon petani dan calon lahan (CPCL).

Baca Juga: Kantor BPN Sumba Timur Raih Penghargaan WBK dari Kemen PAN-RB

"Dalam pelaksanaan pembukaan lahan baru itu juga melalui berbagai kajian seperti memperhatikan regulasinya, status lahannya apakah bermasalah atau tidak," ujarnya.

Selain itu, letak lahan serta hal lainnya sehingga benar dapat memberikan kontribusi bagi peningkatan produksi pertanian yang berdampak pada peningkatan pendapatan ekonomi masyarakat.

Halaman:

Editor: Polce Siga

Tags

Terkini

X