Kampung Bupati Alor di Pureman Belum Ada Listrik, Kepala Desa dan Mahasiswa Datangi PLN Kalabahi

- Senin, 28 Maret 2022 | 12:27 WIB
Mahasiawa Semata pose bersama di depan Kantor ULP Kalabahi usai berdialog dengan pihak ULP Kalabahi, beberapa waktu lalu.  (Foto : Dok Semata Kalabahi)
Mahasiawa Semata pose bersama di depan Kantor ULP Kalabahi usai berdialog dengan pihak ULP Kalabahi, beberapa waktu lalu. (Foto : Dok Semata Kalabahi)

KALABAHI, VICTORY NEWS - Kecamatan Pureman, Kabupaten Alor, NTT sebagai wilayah yang berbatasan laut langsung dengan Timor Leste. Namun, daerah ini belum mendapat perhatian penuh dari pemerintah.

Kecamatan Pureman, yang juga kampung asal Bupati Alor ini memiliki empat desa yaitu Desa Kailesa, Langkuru Utara, Langkuru dan Purnama sebagai pusat ibukota kecamatan.

Selain listrik, daerah ini juga belum memiliki akses transportasi darat yang memadai karena kondisi wilayah yang terjal. Warga ke kota Kalabahi juga bisa memilih akses laut walaupun sangat beresiko.

Baca Juga: Datangi Kantor Bupati Alor, Serikat Mahasiswa Tatakata Tuntut Bangun Listrik dan Jalan di Pureman

Serikat Mahasiswa Tataka (Semata) Cabang Kalabahi sebagai perkumpulan mahasiswa asal Pureman dan Alor Timur kemudian mendatangi Kantor PLN Unit Layanan Pelanggan (ULP) Kalabahi beberapa waktu lalu. Bersama Kepala Desa Langkuru Utara, mereka menuntut agar PT. PLN (Persero) membangun jaringan listrik di Kecamatan Pureman.

Wilayah ini sudah dialiri listrik Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) dan Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA), namun penggunaannya tidak maksimalkan dan membebani warga setempat. PLTA sendiri sudah rusak akibat diterjang badai Seroja April 2021.

Ketua Semata Cabang Kalabahi Yanse D. Keden mengatakan, kedatangan mereka ke PLN Kalabahi untuk meminta perhatian serius PLN membangun jaringan listrik di Pureman.

Baca Juga: Pratu Wilson Sempat Pulang Dua Kali ke Kupang Sebelum Gugur di Papua

Dia mengatakan, permintaan listrik ini sesuai "Program Indonesia Terang" dari Presiden Joko Widodo (Jokowi). Apalagi, Kecamatan Pureman berbatasan laut langsung dengan Timor Leste sebagai wajah NKRI.

"Untuk itu kami sangat berharap sekali bapak manager PLN Kalabahi bisa programkan tarik listrik masuk di kampung kami, Pureman. Sudah lama kami hidup dalam kegelapan,” ujarnya.

Halaman:

Editor: Polce Siga

Tags

Terkini

X