DPRD Lembata Imbau Penyerahan Pelabuhan Hanya pada Sisi Laut

- Selasa, 29 Maret 2022 | 20:16 WIB
Pelabuhan Laut Lewoleba yang pengelolaannya diserahkan Pemkab Lembata kepada Pemerintah Pusat.  (Foto : Hiero - Bokilia - Victory News)
Pelabuhan Laut Lewoleba yang pengelolaannya diserahkan Pemkab Lembata kepada Pemerintah Pusat. (Foto : Hiero - Bokilia - Victory News)

LEWOLEBA, VICTORYNEWS - Kalangan DPRD Lembata mengimbau Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lembata agar dalam penyerahan pengelolaan Pelabuhan Laut Lewoleba kepada Pemerintah Pusat, hanya sisi lautnya saja yakni dermaga yang merupakan aset Pemerintah Pusat.

Sedangkan sisi darat tetap menjadi aset Pemkab Lembata.

Florentinus Ola Kia, anggota DPRD Lembata dari Fraksi PDIP kepasa victorynews.id, Selasa (29/3/2022) mengatakan, dengan tetap mempertahankan sisi darat sebagai aset daerah, Pemkab Lembata dapat membenahi kewajiban kepada Pemerintah Pusat yang selama ini lalai yakni bagi hasil dari pemakaian aset.

Baca Juga: Dua Warga Desa Tanah Merah di Kabupaten Kupang Dipanah Orang tak Dikenal

Dikatakan, dalam rapat kerja dengan Dinas Perhubungan Kabupaten Lembata beberapa waktu lalu, pihaknya juga mengimbau pembenahan pemanfaatan aset pelabuhan yang diintervensi oleh lima OPD yakni Dishub, Diskoperindag, Dispar dan Ekonomi Kreatif, Setda, dan Kecamatan Nubatukan.

"Mesti ada satu konsep pemanfaatan yang baik dan terintegrasi agar areal Pelabuhan Lewoleba tidak terkesan carut-marut," tegas Florentinus Ola Kia.

Baca Juga: Keluh-kesah Warga Tiga Desa di Ende, Bertaruh Nyawa Seberangi Sungai di Musim Hujan

Kepada dinas teknis, lanjutnya, juga diminta untuk tegas kepada semua pihak yang memiliki bangkai kapal yang ditambat di dermaga Pelabuhan Lewoleba agar segera dipindahkan demi mendukung pelayanan yang lebih baik dan maksimal kepada masyarakat.

Selain itu, pihaknya juga mendorong intervensi anggaran pada perubahan APBD 2022 untuk perbaikan lantai ruang tunggu mengingat anggaran pada tahun lalu telah dimanfaatkan untuk perbaikan atap yang rusak. ***

Editor: Polce Siga

Tags

Terkini

Pemkab Ende Dukung Bank NTT Jadi Bank Devisa

Senin, 19 September 2022 | 18:41 WIB

Bupati Nagekeo Ajak Masyarakat Tanam Anakan Bambu

Sabtu, 17 September 2022 | 05:00 WIB

Minyak Tanah Langka, PMKRI Nilai Pemkab Ende Gagal

Jumat, 16 September 2022 | 06:19 WIB
X