Untrib Kalabahi dan TLM Kupang Bangun Pabrik Ikan dan Jagung di Alor

- Rabu, 30 Maret 2022 | 09:06 WIB
Rektor Untrib Kalabahi Alvonso F Gorang meneken kerja sama pembangunan dengan TLM Kupang tentang pembangunan pabrik ikan dan jagung di Alor.  (Foto : Dok Untrib Kalabahi)
Rektor Untrib Kalabahi Alvonso F Gorang meneken kerja sama pembangunan dengan TLM Kupang tentang pembangunan pabrik ikan dan jagung di Alor. (Foto : Dok Untrib Kalabahi)

KALABAHI, VICTORY NEWS - Dalam beberapa waktu ke depan, Universitas Tribuana (Untrib) Kalabahi dan Yayasan Tanaoba Lais Manekat (TLM) Kupang akan membangun pabrik ikan dan jagung di Kalabahi, Alor, Provinsi NTT.

Rencana pembangunan pabrik ini ditandai melalui penandatanganan kerja sama dua lembaga itu di Kampus Untrib Kalabahi, Senin (28/3/2022).

Direktur Eksekutif Yayasan TLM Kupang Rozali Hussein, SE mengatakan, kerja sama membangun pabrik setelah melihat potensi di Alor cocok untuk pengembangan ikan dan jagung.

Baca Juga: Kampung Bupati Alor di Pureman Belum Ada Listrik, Kepala Desa dan Mahasiswa Datangi PLN Kalabahi

Dia mengatakan, Untrib Kalabahi akan menyiapkan desain infrastruktur tata niaga pabrik termasuk pendampingan. Sedangkan, TLM menyiapkan modal dan bisnis pasarannya.

“Biasanya pengembangan apapun kita akan terbentur di masalah pasar. Nah, TLM sudah mencari pasar yang di luar sehingga kita fokus masalah produksi di Alor,” kata Rozali.

Ia mengatakan, pilihan membangun pabrik di Alor karena ada respon yang baik dari pihak Untrib Kalabahi dan akan menjadi mitra yang produktif. Menurutnya, TLM akan bekerjasama dengan semua pihak termasuk Untrib Kalabahi.

Baca Juga: Alfamart masuk Atambua tidak permisi ke Kadin Belu

Rozali mengatakan, alasan dibukanya kedua pabrik ini Alor memiliki prospek perikanan tangkap dan ketersediaan lahan pertanian jagung yang memadai.

Oleh sebab itu pihaknya optimis pendirian kedua pabrik ini akan punya masa ke depan baik karena TLM sudah membuka akses pasar yang unlimited dengan pihak dalam dan luar daerah.

Halaman:

Editor: Polce Siga

Tags

Terkini

X