Penyidik Kepolisian Limpahkan Berkas Perkara Tahap I Kasus Pemerkosaan Anak di Bawah Umur ke Kejari Belu

- Selasa, 5 April 2022 | 18:52 WIB
Tersangka Yunus Snae (Jongkok) saat diamankan aparat Polres Belu yakni Bripka Naris Nuwa bersama dengan tim. (Stef Kosat victorynews.id)
Tersangka Yunus Snae (Jongkok) saat diamankan aparat Polres Belu yakni Bripka Naris Nuwa bersama dengan tim. (Stef Kosat victorynews.id)

ATAMBUA, VICTORY NEWS-Tim Penyidik Polres Belu melimpahkan berkas perkara tahap I kasus pemerkosaan terhadap anak di bawah umur hingga hamil di Kecamatan Atambua Selatan, Kabupaten Belu, NTT dengan terdakwa Yunus Snae, kepada Jaksa Penuntut umum (JPU) Kejari Belu.

Kasat Reskrim Polres Belu, AKP Sujud Alif Yulamlam yang dikonfirmasi victorynews.id, melalui pesan WhatsApp, Selasa (5/4/2022) mengatakan, Tim Penyidik Satreskrim Polres Belu telah merampungkan berkas perkara atas kasus dugaan tindak pidana pemerkosaan terhadap anak di bawah umur tersebut.

Baca Juga: Tak Bahas Perda Penyertaan Modal PDAM Tirta Kelimutu, DPRD Ende Dinilai Mati Suri

Dari sejumlah barang bukti yang diperoleh penyidik seperti alat bukti surat visum, keterangan hamil dan USG dianggap sudah memenuhi syarat. Karena itu, tim penyidik melimpahkan kepada jaksa penuntut umum (JPU) Kejari Belu untuk diteliti dan dipelajari secara hukum.

"Penyidik sudah tahap satu berkas perkara atas kasus dugaan tindak pidana pemerkosaan terhadap anak di bawah umur hingga hamil kepada JPU Kejari Belu untuk diteliti," jelas Sujud.

Ia menambahkan, berkas perkara yang dilimpahkan berupa berkas pemeriksaan saksi dan terduga pelaku serta barang bukti yang diamankan polisi di TKP.

Baca Juga: Percepat Vaksinasi Booster, Dinas Kesehatan Belu Koordinasi Dengan Tokoh Agama

"Pelaku saat ini masih diamankan di sel Mapolres Belu hingga berkas perkara dinyatakan lengkap atau P21," Jelasnya

Atas perbuatannya itu, Pelaku akan dijerat dengan pasal 81 UU Perlindungan Anak dengan ancaman hukuman maksimal 15 tahun penjara. Pasalnya, Korban saat ini masih berusia 16 Tahun.

Sementara, Kajari Belu melalui Kasie Intel, Budi Raharjo saat  dikonfirmasi victorynews.id membenarkan adanya pelimpahan berkas tahap satu untuk kasus dugaan tindak pidana pemerkosaan terhadap Anak di bawah umur di Kabupaten Belu.

Halaman:

Editor: Yance Jengamal

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Anggota DPR RI Ratu Wulla Kunker di Kabupaten TTS

Minggu, 20 November 2022 | 20:23 WIB
X