Unik, 14 WBP Lapas Waikabubak Sumba Barat Penganut Marapu Dibaptis

- Senin, 11 April 2022 | 20:13 WIB
Pendeta Eny Bora Kamalakonda saat membaptis 14 WBP di Lapas Waikabubak,Sumba Barat. (Humas Lapas Waikabubak).
Pendeta Eny Bora Kamalakonda saat membaptis 14 WBP di Lapas Waikabubak,Sumba Barat. (Humas Lapas Waikabubak).

WAIKABUBAK, VICTORYNEWS - Lapas Kelas IIB Waikabubak, Sumba Barat NTT bekerja sama dengan Gereja Kristan Sumba di Sumba Barat mengadakan pembaptisan dan peneguhan Sidi bagi 14 orang Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) pada Minggu (10/04/2022).

Hal itu sebagai bagian dari pemenuhan hak WBP dalam hal pembinaan kerohanian.

Kebaktian yang berlangsung di Gereja Lapas Waikabubak dipimpin Pendeta Eny Bora Kamalakonda sekaligus melakukan pembaptisan dan peneguhan sidi.

Baca Juga: Klinik Karitas Elopada Kunjungan Kasih ke Lapas Waikabubak, Sumba Barat

Kepala Kesatuan Pengamanan Lapas (KPLP), Yulens Leo Dima yang turut hadir dalam ibadah pembaptisan dan peneguhan sidi warga binaan mengungkapkan, sudah sejak lama ada kerinduan untuk adanya pembaptisan bagi warga binaan yang masih menganut sistem kepercayaan Animisme.

14 WBP yang dibaptis pada hari itu, kata Yulens, memang sejak lama sudah memiliki kerinduan untuk menjadi bagian dari Gereja Kristen.

Oleh karena itu, tanpa paksaan dari pihak manapun, mereka akhirnya dibaptis pada hari itu. Beberapa diantaranya juga melakukan peneguhan Sidi.

“Beberapa warga binaan memang masih menganut Animisme (Marapu-red). Dan selama ini, pelaksanaan pembinaan kerohanian di Lapas Waikabubak hanya bagi yang beragama saja dan mereka diberi kebebasan untuk mengikuti pembinaan kerohanian dari agama apa saja. Jadi ada yang mengikuti pembinaan kerohanian agama Katolik, Kristen Protestan maupun Islam," ujarnya.

Baca Juga: Tahun 2022, Pemkab Kupang Gelontorkan Anggaran Bangun Pariwisata di Bendungan Raknamo dan Gunung Timau

Yulens menuturkan, bahwa pelaksanaan Baptis dan Peneguhan Sidi ini telah mendapat persetujuan dari keluarga warga binaan.

Halaman:

Editor: Polce Siga

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X