Aset dari Flores Timur Sudah Dihibahkan, Pemkab Lembata Segera Data dan Daftar

- Jumat, 29 April 2022 | 16:39 WIB
Paulus Makarius Dolu, Wakil Ketua Komisi II DPRD Lembata (Dok Pribadi)
Paulus Makarius Dolu, Wakil Ketua Komisi II DPRD Lembata (Dok Pribadi)

LEWOLEBA, VICTORYNEWS - Setelah pisah dari Kabupaten Flores Timur pada 1999 lalu, hingga kini pemisahan aset tanah dan bangunan dari Flores Timur dan Lembata masih belum jelas.

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lembata belum sepenuhnya mendata dan mendokumentasikan aset-aset itu sebagai aset Pemkab Lembata.

Wakil Ketua Komisi II DPRD Lembata Paulus Makarius Dolu kepada victorynews.id, Jumat (29/4/2022) mengatakan, memang selama ini Pemkab Lembata mengakui belum dihibahkan aset Flotim yang ada di Lembata.

Baca Juga: Ketua DPRD Lembata : Kalau Penjabat Bupati Datang Tinggal di Hotel, Kita Semua Dianggap Tidak Becus.

Padahal, tegas Paul Dolu, sejak 20 Desember 2014, sudah ada perjanjian hibah antara Pemkab Flores Timur dengan Pemkab Lembata untuk menghibahkan seluruh aset tanah dan bangunan milik Flores Timur yang ada di Lembata kepada Pemkab Lembata.

Namun, tegas Paul Dolu, dalam setiap rapat bersama di dewan, pemerintah selalu beralasan belum dapat mendokumentasikan dan mendata secara baik aset karena masih ada aset Pemkab Flores Timur di Lembata yang belum dihibahkan.

Dia menjelaskan, telah berkomunikasi dengan Pemkab Flores Timur, ia sudah mendapatkan dokumen hibah yang dibuat pada 20 Desember 2014 dan ditandatangani oleh Bupati Flores Timur Yoseph Lagadoni Herin dan Bupati Lembata almarhun Eliaser Yentji Sunur waktu itu.

Baca Juga: DPRD Lembata Minta ASN tak Gunakan Kendaraan Dinas Untuk Urusan Politik

Hibah aset itu, lanjutnya, tertuang dalam naskah perjanjian hibah daerah (NPHD) nomor DPPKAD.028/386.1/ASET/2014 tertanggal 20 Desember 2014.

Dalam NPHD, tambahnya, Pemkab Flotim selaku pihak pertama memberikan hibah kepada Pemkab Lembata selaku pihak kedua berupa barang milik daerah yang bersumber dari APBD Kabupaten Flores Timur.

Halaman:

Editor: Polce Siga

Tags

Artikel Terkait

Terkini

STFK Ledalero Hasilkan 21 Uskup dan 1.962 Pastor

Kamis, 23 Juni 2022 | 10:11 WIB

Bupati Ende: Terima Kasih Bank NTT

Selasa, 21 Juni 2022 | 17:31 WIB
X