Kopi Adak, Awal Penyebaran Kopi Robusta di Lembah Colol Manggarai Timur

- Senin, 9 Mei 2022 | 20:50 WIB
Ilustrasi Kopi Adak (sumber foto: Dok.Foto Rian Djabu)
Ilustrasi Kopi Adak (sumber foto: Dok.Foto Rian Djabu)

BORONG VICTORY NEWS - Nama Kopi Adak berasal dari bahasa daerah Lembah Colol, Desa Ulu Wae, Kecamatan Lamba Leda Timur, Kabupaten Manggarai Timur (Matim), Provinsi Nusa Tenggara Timur.

Kopi Adak dalam bahasa daerah setempat artinya kebun contoh. Di kebun contoh inilah awal pertama untuk pembudidayaan kopi jenis Robusta.

Kopi Adak adalah nama kopi asli Manggarai Timur yang sudah menjadi kemasan produk sejak 10 Agustus 2021 lalu oleh Agustinus Supardi Pagarian atau biasa disapa Rian Djabu.

Baca Juga: Kopi Flores Diikutkan Dalam Pameran Kopi Terbesar di Amerika

Menurut Rian Djabu, kebun contoh menjadi awal penyebaran kopi jenis Robusta untuk masyarakat Lembah Colol. Kopi yang ditanam pertama kali di kebun contoh ini pun masih ada dan usianya sudah ratusan tahun.

Lembah Colol, adalah tempat di mana Kopi Adak diproduksi. Proses produksi Kopi Adak tergolong dalam proses pengolahan secara moderen.

"Hal itu tentunya kerena berbagai alat yang mendukung keberlangsungan proses pengolahan produk Kopi Adak itu sendiri," jelas Rian kepada media victory Senin (9/05/2022).

Baca Juga: Hotel di Labuan Bajo Harus Sajikan Produk Lokal Masyarakat Mabar

Lebih jauh Rian menjelaskan, proses pengolahan Kopi Adak juga menghasilkan dua jenis kopi, yakni Kopi Bubuk dan Grean Bean. Kopi yang diolah merupakan kopi berasal dari Lembah Colol yang tumbuh pada ketinggian 1.300 meter di atas permukaaan laut (Mdpl).

"Varian jenis kopi yang di olah adalah Robusta, Arabika, dan Juria yang mengguncang dunia," pungkasnya.

Halaman:

Editor: Polce Siga

Tags

Terkini

Pemkab Ende Dukung Bank NTT Jadi Bank Devisa

Senin, 19 September 2022 | 18:41 WIB

Bupati Nagekeo Ajak Masyarakat Tanam Anakan Bambu

Sabtu, 17 September 2022 | 05:00 WIB
X