Jumlah Penumpang Yang Gunakan Tol Laut di Alor Cukup Tinggi

- Selasa, 17 Mei 2022 | 18:07 WIB
Sejumlah kendaraan menaikkan ternak sapi ke atas Kapal Tol Laut di Pelabuhan Tenau Kupang.  (victorynews.id/Nahor Fatbanu)
Sejumlah kendaraan menaikkan ternak sapi ke atas Kapal Tol Laut di Pelabuhan Tenau Kupang. (victorynews.id/Nahor Fatbanu)

KALABAHI, VICTORY NEWS-Moda transportasi laut sangat diminati masyarakat Kabupaten Alor. Terbukti jumlah penumpang yang menggunakan transportasi laut cukup tinggi  dalam beberapa bulan terakhir.

Hal tersebut disampaikan Kepala Terminal PELNI Kalabahi, Kabupaten Alor, NTT, Wilhelmus Herry Bethan, Senin (16/5/2022).

Herry menjelaskan, di Kabupaten Alor sendiri ada dua kapal Tol Laut, yang melayani pelayanan menuju ke 19 Pelabuhan di NTT maupun di luar NTT.

Baca Juga: ULP Lembata Pastikan Tak Ada Main Mata Dalam Lelang Proyek PEN

Pada 14 bulan terakhir, dari tahun 2021 sampai April 2022, kata dia, jumlah penumpang yang menggunakan transportasi Tol Laut  di Alor mencapai 14.167 orang.

"Sedangkan untuk bongkar dan muat hasil bumi maupun Sembako di pelabuhan Kalabahi, Tol Laut tercatat memuat sebanyak 980,5 ton barang. Bayangkan saja di NTT sekarang ini ada 34 Pelabuhan singgah kapal Tol Laut. Pasti hasilnya luar biasa," ujar Hery.

Menurut Herry, moda transportasi Tol Laut saat ini merupakan yang terbaik untuk masyarakat NTT, baik dari aspek pelayanan maupun fasilitas yang diberikan.

Baca Juga: Pemkab Kupang Batasi Atlet Yang Bertanding Mewakili Kota Kupang

"Hari ini Tol Laut perintis khususnya Sabuk Nusantara itu ada AC. Kapal-kapal ini didorong oleh Pak Gubernur. Jadi di NTT saat ini sudah ada sekitar 18 unit kapal dan terkoneksi ke 34 pelabuhan yang ada di seluruh NTT," terangnya.

Selain melayani pelabuhan di seluruh NTT, Tol Laut juga terkoneksi dengan beberapa pelabuhan di luar NTT seperti Maluku Tenggara Barat, hingga Saubaki untuk melayani sekitar 16 Pelabuhan.

Halaman:

Editor: Yance Jengamal

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X