Baru Canangkan BIAN, Dinas Kesehatan Belu Sudah Imunisasi Campak Rubela 4.173 Anak

- Rabu, 18 Mei 2022 | 18:50 WIB
Bupati Belu dr Taolin Agustinus menyuntik imunisasi campak rubela pada anak SD dalam pencanangan BIAN di Kelurahan Tulamalae, Kecamatan Atambua Barat, Rabu (18/5/2022).. (victorynews.id - Stef Kosat)
Bupati Belu dr Taolin Agustinus menyuntik imunisasi campak rubela pada anak SD dalam pencanangan BIAN di Kelurahan Tulamalae, Kecamatan Atambua Barat, Rabu (18/5/2022).. (victorynews.id - Stef Kosat)

ATAMBUA, VICTORY NEWS - Pencanangan Bulan Imunisasi Anak Nasional (BIAN) tahun 2022 tingkat Kabupaten Belu, NTT resmi dimulai di Kelurahan Tulamalae, Kecamatan Kecamatan Atambua Barat Rabu (18/5/2022). Dalam pencanangan itu terdapat 150 anak sekolah dan 200 balita sebanyak 200 orang yang sedang mengikuti mengikuti posyandu.

Kepala Dinas Kesehatan Belu drg Ansila Eka Mutty BIAN pada tahun ini sebagai upaya percepatan mengejar imunisasi lengkap anak karena selama pandemi dua tahun belakangan imunisasi anak menurun.

Mantan Sekretaris BKKBN Kabupaten Belu ini menginformasikan data sementara untuk kabupaten Belu, anak-anak yang harus diimunisasi sebanyak 47.230 orang.

Baca Juga: Bupati Matim Resmikan Pencanangan BIAN

"Jadi Dinkes Belu sedang berupaya keras bersama 17 puskesmas maupun stakeholder lain untuk mencapai sasaran imunisasi ini," ujarnya.

Dia mengatakan, imunisasi di Belu sudah dilakukan sejak 6 Mei 2022 lalu. Alasannya, dalam bulan Mei ini banyak hari libur sehingga perlu dilakukan awal untuk mengejar ketertinggalan.

"Dalam pencanangan BIAN ini terdapat dua imunisasi yakni imunisaai kejar dan tambahan. Khusus imunisasi tambahan yakni MR (Campak-Rubela) yang diwajibkan bagi anak usia 9 bulan hingga 12 tahun. Sedangkan imunisasi kejar dilakukan bagi anak-anak yang belum menerima imunisasi lengkap tanpa memandang usia. 

"Contoh ada anak yang belum menerima imunisasi saat lahir maka saat ini bisa menerimanya. Karena mereka lahir saat pandemi covid-19. Begitu juga imunisasi polio bisa diberikan saat pencanangan BIAN ini," katanya.

Baca Juga: Breaking News! Polres Belu Tahan 5 Tersangka Kasus Korupsi Sanitasi

Dia mengatakan, setelah memulai BIAN pada 6 Mei lalu, Dinkes Belu telah melakukan imunisasi Campak Rubela pada 4025 anak, imunisasi DPT, HE, HIB 125 orang, oral Polio 16 orang dan polio suntik 7 orang. 

Halaman:

Editor: Polce Siga

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Laut Kolbano NTT 'Makan' Korban Jiwa

Minggu, 3 Juli 2022 | 19:02 WIB

Dandim 1621 'Serbu' Polres TTS. Ada Apa?

Minggu, 3 Juli 2022 | 09:24 WIB
X