Evaluasi Program Sekolah Penggerak, Ditjen PAUD Dikdasmen Kunjungi SMA 5 Kupang

- Kamis, 19 Mei 2022 | 18:19 WIB
Ditjen PAUD Dikdasmen, Kemendikbudristek Jumeri berpose bersama kepala sekolah dan para guru SMAN 5 Kupang.  (victorynews.id/Sinta Tapobali)
Ditjen PAUD Dikdasmen, Kemendikbudristek Jumeri berpose bersama kepala sekolah dan para guru SMAN 5 Kupang. (victorynews.id/Sinta Tapobali)

KUPANG, VICTORY NEWS - Direktur Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah (Ditjen PAUD Dikdasmen) Kemendikbudristek Jumeri memantau SMAN 5 Kupang, sebagai salah satu Sekolah Penggerak di NTT.

Kunjungan ini sebagai bentuk evaluasi terhadap penerapan program Sekolah Penggerak di SMAN 5 Kupang.

Program Sekolah Penggerak (PSP) menurutnya merupakan upaya untuk mewujudkan visi Pendidikan Indonesia dalam mewujudkan Indonesia maju yang berdaulat, mandiri, dan berkepribadian melalui terciptanya Pelajar Pancasila.

Baca Juga: KASAD Minta TNI Manfaatkan Jabatan untuk Bangun NTT

PSP berfokus pada pengembangan hasil belajar siswa secara holistik yang mencakup kompetensi (literasi dan numerasi) dan karakter, yang dilakukan dengan penguatan kapasitas kepala sekolah dan guru, yang merupakan elemen penting dalam persekolahan.

Jumeri menambahkan, hal ini karena kepala sekolah dan guru merupakan kunci dalam melakukan reformasi dan restrukturisasi pada pendidikan di Indonesia.

“Guru harus didorong mentransformasi diri untuk meningkatkan mutu pembelajaran ditingkat internal pada satuan masing – masing,” imbuhnya.

Baca Juga: Wabub Ende Eric Rede Ingatkan Warga Pentingnya Miliki Dokumen Adminduk

Menurut Jumari, Sekolah yang menjadi Sekolah Penggerak, akan mendapat lima intervensi yakni penguatan sumber daya manusia (SDM), sekolah melalui program pelatihan dan pendampingan intensif dan pembelajaran dengan paradigma baru harus berorientasi pada penguatan kompetensi dan pengembangan karakter.

Halaman:

Editor: Paschal Seran

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X