Anggota DPRD Mabar Minta Petani Sawah Tada Jangan Tanam Padi di Musim Kemarau

- Kamis, 2 Juni 2022 | 19:55 WIB
Area persawahan Ganggang Terang, Kecamatan Boleng Kabupaten Manggarai Barat,  NTT.  (manggarai barat.victorynews.id/gerasimos satria)
Area persawahan Ganggang Terang, Kecamatan Boleng Kabupaten Manggarai Barat, NTT. (manggarai barat.victorynews.id/gerasimos satria)

LABUN BAJO, VICTORY NEWS-Anggota DPRD Manggarai Barat, NTT, Virus Usu meminta petani sawah tadah hujan  di daerah itu untuk tidak menanam padi saat musim kemarau atau musim tanam ketiga.

Sebab menanam padi di sawah tadah hujan  saat musim kemarau akan terancam gagal panen jika ketersediaan airnya tidak cukup.

Ia menyarankan untuk menanam tanaman alternatif lainnya yang tidak membutuhkan air banyak di lahan sawah tadah hujan saat musim kemarau agar tetap produktif.

Menurut kader Partai NasDem ini, selain menghindari gagal panen, menunda penanaman padi saat musim kemarau juga bisa memberikan dampak positif lainnya.

Baca Juga: Di Depan Majelis Hakim, Saksi Mengaku Terdakwa Randi Badjideh Bercerita Tabrak Orang Gila

"Saat musim kemarau atau musim tanam ketiga memang ada baiknya tidak menanam padi, karena bisa memutus rantai hama, di samping itu tanah juga akan lebih subur dan baik," katanya, dikutip victorynews.id dari manggarai barat.victorynews.id, Kamis (2/5/2022) dengan judul Petani Diingkatkan Kecukupan Air Saat Kemarau

Kacang hijau bisa menjadi tanaman alternatif bagi petani saat kemarau. Sebab masa tanamnya relatif pendek dan dapat dipanen meskipun di musim kemarau.

"Banyak tanaman yang bisa menjadi alternatif. Biasanya sangat tergantung lokasi dan tergantung ketersediaan air, kalau masih ada air bisa tanam jagung, kalau sama sekali tidak ada air biasanya kacang hijau," katanya.

Baca Juga: PPS Berakhir Juni, KPP Kupang Beri Bimtek kepada Wajib Pajak

Anggota DPRD Manggarai Barat, Yosef Suhardi mengingatkan petani di wilayah Manggarai Barat tentang ancaman hama pada musim kemarau ini.

Halaman:

Editor: Yance Jengamal

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Kompor Meledak, Kos di Nagekeo NTT Terbakar

Rabu, 10 Agustus 2022 | 18:12 WIB

Unitri Malang Bangun Kerja Sama Dengan Pemkab Lembata

Selasa, 9 Agustus 2022 | 22:29 WIB
X