DPRD Lembata Ingatkan Pungutan Galian C Harus Diperhatikan

- Selasa, 7 Juni 2022 | 16:44 WIB
Rapat kerja Komisi II DPRD Lembata dengan BPBD Lembata, Selasa (7/6/2022) di ruang rapat Komisi II DPRD Lembata, gedung Peten Ina. (victorynews.id / Hiero Bokilia)
Rapat kerja Komisi II DPRD Lembata dengan BPBD Lembata, Selasa (7/6/2022) di ruang rapat Komisi II DPRD Lembata, gedung Peten Ina. (victorynews.id / Hiero Bokilia)

LEWOLEBA, VICTORYNEWS - Kalangan DPRD Lembata, NTT mengingatkan kepada Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) untuk memperhatikan pungutan galian C kepada perusahaan yang mengerjakan proyek jalan.

Wakil Ketua Komisi II DPRD Lembata Paulus Makarius Dolu mengingatkan hal ini saat rapat kerja dengan BPBD Lembata, Selasa (7/6/2022) di ruang rapat Komisi II DPRD Lembata.

Paul Dolu menegaskan, setiap tahun, sering terjadi kebocoran pada pungutan pemanfaatan galian C. Karena itu, DPRD Lembata mengingatkan kepada BPBD agar ke depan saat pelaksanaan pekerjaan jalan agar galian C diperhatikan benar.

Baca Juga: Anak Muda Lembata dan Flotim Tanam Pohon Untuk Selamatkan Bumi

"Saya menginstruksikan, kalau material C bocor dan tak tertagih maka ini kegagalan OPD ini. Harus dikawal dan ditagih," tegas Paul Dolu.

Untuk itu, DPRR Lembata meminta agar dikawal benar saat dikeluarkan surat tanda setor (STS) galian C. OPD wajib mengawalnya agar STS baru dapat dikeluarkan setelah pajak galian C dibayar.

"PPK hitung semua penggunaan galian C dan semua agar terbayarkan ke daerah. Hak dan kewajiban perusahaan harus dijalankan benar," tegasnya.

Baca Juga: Pemkab Lembata Diminta Pertimbangkan Kembali Alih Kelola Pelabuhan Laut Lewoleba

Apalagi, lanjutnya, ke depan daerah ini akan mengurus pemilu dan membayar utang pinjaman karena itu, harus diperhatikan STS dalam urusan dana hibah pembangunan jalan senilai Rp100 miliar.

Kepala Pelaksana BPBD Lembata Siprianus Meru pada kesempatan itu mengatakan, pajak galian C merupakan kewajiban pengelola/perusahaan dan harus dilaksanakan.

Halaman:

Editor: Polce Siga

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Pemkab Ende Dukung Bank NTT Jadi Bank Devisa

Senin, 19 September 2022 | 18:41 WIB

Bupati Nagekeo Ajak Masyarakat Tanam Anakan Bambu

Sabtu, 17 September 2022 | 05:00 WIB
X