Penerapan e-Tilang di NTT Bisa Berangus Praktik Sogok

- Rabu, 8 Juni 2022 | 17:24 WIB
Suasana di sekitar lampu lalu lintas Pos Polisi El Tari Kupang, NTT di malam hari.  (victorynews.id/putra bali mula)
Suasana di sekitar lampu lalu lintas Pos Polisi El Tari Kupang, NTT di malam hari. (victorynews.id/putra bali mula)

KUPANG, VICTORY NEWS-Penerapan e-Tilang menjadi langkah efektif yang diambil oleh pihak kepolisian untuk memberangus praktik suap atau sogok maupun pungutan liar di jalanan.

Pengamat kebijakan publik dari Universitas Nusa Cendana (Undana) Kupang, Yeftha Y Sabaat, saat dimintai pendapatnya mengharapkan demikian.

Menurutnya, pelaksanaan program e-Tilang adalah langkah yang memang akan sangat efektif diambil untuk menghindari praktik tidak terpuji seperti sogok.

"Supaya menghindarkan praktik itu antara oknum polisi dengan pelanggar lalu lintas yang marak dalam proses tilang manual," jawabnya Rabu (8/6/2022).

Baca Juga: Hujan Disertai Petir Masih Terjadi di NTT Bulan Juni, Waspada Potensi Angin Kencang

Akademisi Ilmu Politik Fisip Undana ini menyebut program e-Tilang juga dapat mendorong perilaku positif masyarakat dalam berkendara.

Ia mendukung hal ini karena program ini adanya unsur kebaruan, kemudahan dan mempunyai akuntabilitas tinggi. 

"Tetapi perlu diingat bahwa ada kelemahan dalam pelaksanaan e-Tilang, misalnya di Kupang belum berjalan baik dan efektif karena tidak semua tempat dipasang kamera," tuturnya.

Untuk itu tilang elektronik ini sebaiknya dibenahi sejak awal sarana pendukung seperti kamera yang harus terpasang di setiap jalan yang dianggap vital, listrik yang harus selalu menyala di titik-titik tersebut.

Baca Juga: Pemprov NTT Fokus Bangun Sarana Prasarana pada Tujuh Destinasi Baru

Halaman:

Editor: Yance Jengamal

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X