Aktivitas Lava Gunung Ile Lewotolok Meningkat, Masyarakat Tetap Waspada

- Rabu, 8 Juni 2022 | 22:06 WIB
Aliran lava Gunung Ile Lewotolok dengan ujung aliran sekitar 500 meter ke arah timur dan timur laut dari bibir kawah. (Dok.badan geologi)
Aliran lava Gunung Ile Lewotolok dengan ujung aliran sekitar 500 meter ke arah timur dan timur laut dari bibir kawah. (Dok.badan geologi)

LEWOLEBA, VICTORY NEWS-Gunung Ile Lewotolok di Lembata, NTT masih mengalami erupsi yang disertai aliran lava dan guguran lava berdasarkan data pengamatan visual dan instrumental.

Kepala Badan Geologi, Eko Budi Lelono, Rabu (8/6/2022), menyampaikanevaluasi aktivitas vulkanik gunung yang tengah dalam Level III (Siaga) ini.

Secara visual, jelas Eko, terjadi peningkatan yang signifikan pada aktivitas hembusan dan volume aliran lava yang mengarah ke timur hingga timur laut dari Gunung Ile Lewotolok.

Demikian pula dengan kegempaan yang mengalami peningkatan yang signifikan pada gempa hembusan dan vulkanik dalam.

"Hal ini menunjukkan material hasil erupsi akan semakin bertambah di area puncak dan dikhawatirkan akan semakin menambah jarak luncur aliran lava maupun guguran lava," terang dia.

Baca Juga: PPSKI Desak Pemerintah Tetapkan Status KLB untuk Wabah PMK

Akumulasi material hasil letusan dan aliran lava baik di area kawah maupun yang telah melewati bibir kawah berpotensi semakin meningkat, sehingga diperkirakan jarak luncur guguran lava pijar maupun awan panas guguran berpotensi bertambah.

Untuk itu masyarakat di sekitar Gunung Ile Lewotolok maupun pengunjung atau pendaki maupun wisatawan direkomendasikan agar tidak melakukan aktivitas di dalam radius 3 kilometer dari puncak atau kawah Gunung Ile Lewotolok, radius kilometer untuk sektor tenggara, radius kilometer untuk sektor timur dan timur laut.

"Masyarakat Desa Lamawolo, Desa Lamatokan, dan Desa Jontona agar selalu mewaspadai potensi ancaman guguran lava pijar dan awan panas dari bagian timur puncak atau kawah Gunung Ile Lewotolok," jelas dia.

Baca Juga: PPSKI Desak Pemerintah Tetapkan Status KLB untuk Wabah PMK

Halaman:

Editor: Yance Jengamal

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Pemkab Ende Dukung Bank NTT Jadi Bank Devisa

Senin, 19 September 2022 | 18:41 WIB

Bupati Nagekeo Ajak Masyarakat Tanam Anakan Bambu

Sabtu, 17 September 2022 | 05:00 WIB

Minyak Tanah Langka, PMKRI Nilai Pemkab Ende Gagal

Jumat, 16 September 2022 | 06:19 WIB
X