Songsong G20, Disnak NTT Siapkan 78 Ribu Dosis Vaksin Rabies Untuk Daratan Flores

- Kamis, 9 Juni 2022 | 18:05 WIB
Ilustrasi vaksin rabies. Disnak NTT siapkan 78 ribu dosis vaksin rabies di Daratan Flores.  (Pikiran rakyat.com)
Ilustrasi vaksin rabies. Disnak NTT siapkan 78 ribu dosis vaksin rabies di Daratan Flores. (Pikiran rakyat.com)

KUPANG, VICTORY NEWS-Dinas Peternakan (Disnak) Provinsi NTT menyiapkan 78 ribu dosis vaksin rabies untuk daratan Flores. Vaksinasi ini dilakukan untuk memberikan kenyamanan kepada para tamu dalam gelaran G20 di Labuan Bajo, Flores, NTT.

Kepala Bidang Kesehatan Hewan, Dinas Peternakan Provinsi NTT, Melki Angsar menyampaikan, dari 78 ribu dosis vaksin rabies tersebut, 18 ribu di Labuan Bajo dan sisanya di sembilan Kabupaten lainnya di Daratan Flores.

"Ribuan dosis ini diambil dari Pusat Veteriner Farma atau Pusvetma Surabaya. Anggarannya dari Kementan," kata Melki saat dihubungi victorynews.id, di Kupang, Kamis (9/6/2022).

Baca Juga: 14 Jamaah Calon Haji Asal Ende Diberangkatkan 18 Juni 2022

Menurut Melki, pelaksanaan vaksinasi ini untuk meyakinkan para tamu dari negara-negara G20 bahwa gelaran acara tersebut sudah bebas dari penyakit rabies.

"Sebagai tuan rumah kita blow up untuk memberikan kenyamanan bagi para tamu G20. Bukan karena mereka tahu ada wabah rabies tetapi ini inisiatif sebagai tuan rumah," ujar Melki

Ia menyebut, pelaksanaan vaksinasi ini untuk memberikan kekebalan kelompok pada hewan anjing di wilayah tersebut.

"Hal ini juga dilakukan seperti vaksinasi pada pandemi Covid-19. Jika sudah 70 persen yang divaksin maka akan menimbulkan kekebalan kelompok sehingga ketika penyakit datang tidak ada yang terjangkit," jelasnya.

Baca Juga: Mama Monika, Bangga Karyanya Dipakai Presiden Jokowi dan Ibu Iriana

Kegiatan vaksinasi ini, kata Melki, melibatkan aparat desa dan juga pihak gereja. Menurutnya keterlibatan pihak setempat karena mereka yang mengetahui warga mana saja yang memiliki hewan anjing.

Halaman:

Editor: Yance Jengamal

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X