Peringatan Dini, BMKG Prediksi Tinggi Gelombang di Perairan NTT Capai 3,5 Meter

- Rabu, 22 Juni 2022 | 10:00 WIB
Ilustrasi gelombang tinggi. (PikiranRakyat.com)
Ilustrasi gelombang tinggi. (PikiranRakyat.com)

KUPANG, VICTORYNEWS - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Meteorologi Maritim Tenau, Kupang mengeluarkan peringatan dini potensi  gelombang tinggi di perairan NTT.

Potensi gelombang tinggi itu diperkirakan terjadi pada 22-23 Juni 2022 dengan tinggi gelombang 1,25 hingga 3,5 meter.

Kepala Stasiun Meteorologi Maritim Tenau Kupang Syaeful Hadi mengatakan prakiraan ini sesuai hasil pemantauan BMKG Jakarta, Rabu (22/6/2022).

Baca Juga: Gubernur NTT Inginkan Gereja Jadi Pioner Pembangunan di

Ia menyebut, tinggi gelombang 1.25-2.5 meter berpeluang terjadi di Selat Sape Bagian Selatan, Selat Ombai, Selat Sumba Bagian Timur, Selat Alor-Pantar, Perairan Utara Kupang-Rote dan Selat Wetar.

Selanjutnya, tinggi gelombang 2.5-3.5 meter berpeluang terjadi di Selat Sumba Bagian Barat, Laut Sawu, Samudera Hindia Selatan Sumba-Sabu, Perairan Selatan Kupang-Rote dan Samudera Hindia Selatan Kupang-Rote.

Ia menyebut kondisi ini terjadi akibat pola angin di wilayah Indonesia bagian utara dominan bergerak dari Tenggara-Selatan dengan kecepatan angin berkisar 5-20 knot.

Baca Juga: Rote Ndao dan Manggarai Timur Juara Duta Genre NTT Tahun 2022

Sedangkan di wilayah Indonesia bagian selatan dominan bergerak dari Timur-Tenggara dengan kecepatan angin berkisar 5-25 knot.

Halaman:

Editor: Paschal Seran

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Pemprov NTT Tertibkan Penggunaan Rumah Dinas

Rabu, 29 Juni 2022 | 16:10 WIB
X