Konsumsi Jamur Cendawan, 14 Warga Timor Tengah Selatan Keracunan dan Tidak Sadarkan Diri

- Rabu, 22 Juni 2022 | 16:22 WIB
Korban keracunan jamur cendawan di Desa Loli Kecamatan Polen Kabupaten Timor Tengah Selatan menjalani perawatan.  (victorynews.id/Megi Fobia)
Korban keracunan jamur cendawan di Desa Loli Kecamatan Polen Kabupaten Timor Tengah Selatan menjalani perawatan. (victorynews.id/Megi Fobia)

SOE, VICTORYNEWS - Akibat mengkonsumsi jamur cendawan yang tumbuh dekat kotoran ternak sapi, 14 orang warga Desa Loli, Kecamatan Polen, Kabupaten TTS Provinsi NTT mengalami keracunan bahkan tak sadarkan diri.

Salah seorang Kepala Bidang pada Dinas Kesehatan Kabupaten Timor Tengah Selatan, Nahad Baunsele membenarkan kasus keracunan tersebut.

Menurutnya, beberapa anggota keluarga korban keracunan tersebut mengambil jamur cendawan dari pinggir sawah yang tumbuh di sekitar kotoran sapi kemudian dimasak dan dikonsumsi bersama sebagai makan malam pada Selasa (21/6/2022).

Baca Juga: Warga Batuputih Temukan Granat Aktif di Bantaran Sungai Noelmina, Timor Tengah Selatan

Setelah beberapa jam kemudian seluruh anggota "keluarga yang mengkonsumsi jamur cendawan tersebut mulai mengalami gejala mual, muntah, diare bahkan ada yang tidak sadarkan diri," katanya. 

Setelah mendapatkan informasi tersebut, pihak medis setempat bergerak cepat untuk melakukan penanganan pertama untuk para pasien. 

Setelah dirawat sejak tadi malam di Puskesmas Polen ditangani oleh Kepala Puskemas dokter Diana Ataupah hingga saat ini kondisi pasien sudah mulai pulih.

Baca Juga: Dianggap Tak Mampu, Ketua Komisi I DPRD TTS Minta Bupati Copot Kadis PMD TTS

12 org sudah pulang ke rumah dan 2 orang msih rawat di Puskesmas Polen.

"Hasil penyisiran di lokasi sementara masih ditemukan satu orang yang mengalami gejala mual dan muntah tapi sudah ditangani oleh Petugas Kesehatan dan kondisinya kini mulai membaik," katanya. 

Halaman:

Editor: Polce Siga

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Kantor Desa Raimataus di Malaka Disegel Warga

Kamis, 4 Agustus 2022 | 05:00 WIB
X