Dibantu Tenaga Pendamping, Kades Golo Kantar Matim Kembangkan Tanaman Hortikultura

- Jumat, 24 Juni 2022 | 18:03 WIB
Inilah tanaman hortikultura yang dikembangkan oleh Kades Golo Kantar di Manggarai Timur (Matim), NTT. (victorynews.id/edvon malyanto)
Inilah tanaman hortikultura yang dikembangkan oleh Kades Golo Kantar di Manggarai Timur (Matim), NTT. (victorynews.id/edvon malyanto)

BORONG,VICTORY NEWS-Kepala Desa (Kades) Golo Kantar, Kecamatan Borong, Kabupaten Manggarai Timur (Matim), Provinsi NTT, Merdianus Jehaman, kembangkan tanaman hortikultura yang dibantu tenaga pendamping dari dari Gugah Nurani Indonesia (GNI) dan PT East West Seed Indonesia (Ewindo/Panah Merah).

Kades Golo Kantar Memanfaatkan air dari irigasi yang melintasi lahan miliknya dalam pengembangan tanaman hortikultura tersebut.

Berbagai jenis tanaman hortikultura seperti kangkung, tomat, labu, cabai, melon dan beberapa jenis tanaman lainnya ditanamkan Kades Golo Kantar guna memenuhi kebutuhan pasar.

Kepada media victorynews.id, Jumat (24/06/2022), Kades Golo Kantar yang akrab disapa Mendik ini mengatakan, dirinya tidak memiliki dasar pendidikan tentang pertanian.

Baca Juga: Badan Kesbangpol Catat 13 Partai Politik Baru di NTT

Namun berbekal niat yang tinggi serta konsep yang matang, dirinya berhasil membuat kebun hortikultura di atas tanah yang berada di pinggir jalan Jati-Ndilek itu.

Dirinya juga menuturkan pengembangan tanaman hortikultura guna memberikan contoh secara langsung kepada masyarakat di desanya.

"Seorang pemimpin harus bisa menjadi contoh. Kalau nanti kita paksakan masyarakat soal pemberdayaan, kita juga harus tahu. Bukan hanya sekadar omong,"kata Merdianus

Selain untuk memberikan contoh, Mendik mengembagkan tanaman hortikultura karena Ia menyukai tantangan yang baru.

Baca Juga: Berhasil Kumpulkan 1.055 Kantong Darah untuk NTT, PMI Beri Penghargaan untuk Polda NTT

Halaman:

Editor: Yance Jengamal

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Ini Kabar Terbaru Nasib THL di Manggarai Timur

Jumat, 2 Desember 2022 | 10:14 WIB
X