Tiga Gunung Api Bawah Laut Muncul di Lembata NTT

- Sabtu, 25 Juni 2022 | 18:12 WIB
Aliran lava Gunung Ile Lewotolok dengan ujung aliran sekitar 500 meter ke arah timur dan timur laut dari bibir kawah. (Dok.badan geologi)
Aliran lava Gunung Ile Lewotolok dengan ujung aliran sekitar 500 meter ke arah timur dan timur laut dari bibir kawah. (Dok.badan geologi)

LEWOLEBA VICTORYNEWS -Hingga saat ini, aktivitas Gunung Api Ile Lewotolok di Ile Ape, Kabupaten Lembata, NTT masih terus terjadi. Gemuruh dan semburan lava pijar masih tampak terjadi hampir setiap hari.

Di tengah ancaman bahaya erupsi Gunung Api Ile Lewotolok, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lembata mendapat informasi munculnya tiga gunung api bawah laut yang teridentifikasi menjadi potensi ancaman baru bagi warga di pesisir utara Lembata.

Kepala BPBD Kabupaten Lembata Siprianus Meru kepada victorynews.id, Sabtu (25/6/2022) menjelaskan, informasi kemunculan tiga gunung bawah laut itu ia peroleh sejak 2011 lalu. Hanya saja, kemunculan tiga gunung baru itu baru teridentifikasi namun penjelasan resmi masih menunggu dari pihak berwenang.

Baca Juga: Bank NTT Tawarkan Program KKB dan Digital Loan

Tiga gunung api bawah laut yang baru teridentifikasi itu yakni, Ibu Komba, Abang Komba dan Baruna Komba.

Untuk itu, pihaknya masih menunggu informasi resmi dari Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG).

Sejauh ini, kata Siprianus Meru, setelah berkoordinasi dengan Pis Pemantauan Gunung Api (PPGA) Ile Lewotolok, pihak PPGA pun menyampaikan mereka belum mendapatkan informasi dan pemberitahuan resmi dari PVMBG.

Baca Juga: Kontingen Muhibah Budaya Jalur Rempah Tanam 116 Anakan Cendana di SMAN 6 Kupang

"Itu masih dalam identifikasi, kalau sudah ada informasi resmi dari atas akan kami sampaikan ke masyarakat," kata Siprianus Meru.***

Editor: Yance Jengamal

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Kompor Meledak, Kos di Nagekeo NTT Terbakar

Rabu, 10 Agustus 2022 | 18:12 WIB

Unitri Malang Bangun Kerja Sama Dengan Pemkab Lembata

Selasa, 9 Agustus 2022 | 22:29 WIB
X